Kontrak di WSBK Hampir Habis, Toprak Pindah ke MotoGP Tahun Depan?

ADVERTISEMENT

Kontrak di WSBK Hampir Habis, Toprak Pindah ke MotoGP Tahun Depan?

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 25 Nov 2022 11:53 WIB
Pebalap Pata Yamaha di WSBK, Toprak Razgatlioglu.
Toprak Razgatlioglu berpeluang pindah ke MotoGP usai kontraknya habis di WSBK. Foto: Motorsport.
Jakarta -

Kontrak Toprak Razgatlioglu bersama Pata Yamaha di World Superbike atau WSBK akan berakhir pada penghujung tahun depan. Kabarnya, pihak tim memberinya kebebasan penuh untuk bertahan atau pindah ke MotoGP.

Bos Yamaha di WSBK, Paul Denning mengatakan, setelah musim 2023 berakhir, Toprak akan berstatus free agent. Setelah itu, dia boleh melakukan apapun yang dia mau, termasuk pindah ke MotoGP.

"Pada akhir musim 2023, dia akan berstatus free agent dan bebas mengambil langkahnya sendiri. Ada kemungkinan tim pabrikan di MotoGP berusaha membujuknya gabung," ujar Denning dikutip dari Motorsport, Kamis (24/11/2022).

"Saya harap dia mendapat kesempatan lebih untuk membuktikan dirinya memang layak mengendarai Yamaha M1. Sebab, dengan begitu, Yamaha mungkin mempertimbangkan dirinya bergabung di tim pabrikan pada musim 2024," tambahnya.

Toprak RazgatliogluToprak Razgatlioglu Foto: Ridwan Arifin

Lebih jauh, menurut Denning, Toprak merupakan aset atau tokoh ikonik di kompetisi WSBK. Itulah mengapa, saat dia pergi, bukan tak mungkin kejuaraan tersebut menjadi lebih sepi. Namun, bagaimana pun juga, dia memiliki kebebasan penuh untuk menentukan sendiri masa depannya usai kontraknya habis.

"Dia adalah aset untuk kami dan kompetisi WSBK. Meski demikian, pada akhirnya dia sendiri yang menentukan jalan hidupnya usai musim 2023 berakhir," tuturnya.

Toprak Razgatlioglu dan Andrea LocatelliToprak Razgatlioglu Foto: Ridwan Arifin

Toprak sendiri sudah berulang kali dikabarkan pindah ke MotoGP. Bahkan, sebelum merekrut Franco Morbidelli, Yamaha disebut-sebut sempat memburu tanda tangannya. Namun, pebalap Turki itu kerap kali menegaskan, dirinya belum sepenuhnya usai di WSBK.

"Sejujurnya, saya tidak pernah berpikir Toprak akan pindah ke MotoGP musim depan. Sebab, Yamaha masih punya kontrak dengan Franco Morbidelli yang masih berjuang keras di kejuaraan musim ini. Bagaimana pun juga, Morbidelli punya catatan yang baik saat di Yamaha," kata Denning.

Kontrak Morbidelli bersama tim pabrikan Yamaha juga berakhir pada penghujung musim depan. Lantas, benarkah Toprak yang akan menggantikan posisinya? Kita nantikan bersama-sama.



Simak Video "Penampakan Logistik WSBK Mandalika 2022 Tiba di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT