Kabar Produksi Motor Listrik Vespa di Cikarang

ADVERTISEMENT

Kabar Produksi Motor Listrik Vespa di Cikarang

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 23 Nov 2022 20:35 WIB
Pabrik Vespa di Cikarang
Pabrik Vespa di Cikarang Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

PT Piaggio Indonesia melakukan tonggak sejarah baru dengan mendirikan fasilitas pabrik di kawasan Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Kementerian Perindustrian mendorong agar brand asal Italia ini segera transisi ke arah elektrifikasi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan proses pembangunan pabrik Vespa terbilang cepat. Hanya dalam waktu satu tahun pabrik Vespa ini sudah mulai ke tahap komersialisasi. Soal elektrifikasi di Indonesia sudah ada pembahasan dengan bos Vespa.

"Kita sudah diskusi panjang mengenai elektrifikasi dan saya kira Piaggio Grup akan segera mulai, sekarang sudah mulai melakukan persiapan persiapan dan desain. Karena elektrifikasi itu kan butuh teknologi, nah teknologi masih akan berkembang khususnya baterai. Dan ini akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan-perusahaan termasuk Piaggio Grup untuk masuk ke elektrifikasi," jelas Agus saat di lokasi, Rabu (22/11/2022).

Peresmian pabrik itu dihadiri Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan juga Duta Besar Italia untuk Indonesia, H.E. Benedetto Latteri.

Country Head PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega menyatakan Vespa berkomitmen panjang di Indonesia. Untuk tahap awal, pabrik Vespa baru memproduksi tipe LX 125 i-Get.

"Kami baru memulai untuk perjalanan panjang di sini dengan biaya (investasi awal) 20 juta dolar, kita akan melangkah secara bertahap di sini," ujar Marco saat peresmian di Cikarang, Jawa Barar, Rabu (23/11/2022).

"Ini baru permulaan, untuk jangka waktu yang panjang," timpal Agus.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memiliki roadmap untuk tahun 2030 motor listrik diproyeksikan terjual 13 juta unit dan mobil listrik 2,2 juta unit. Peluang ini dirasa mendorong pabrikan motor untuk bergerak ke arah elektrifikasi.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara ketiga di kawasan Asia Pasifik setelah Piaggio juga memiliki fasilitas produksi di Vietnam, dan China. Secara global Piaggio sudah punya 2 model produknya lewat Vespa Elettrica dan Piaggio One.

Lokasi pabrik PT Piaggio Indonesia berjarak 35 kilometer dari timur Jakarta. Fasilitas ini memiliki kemampuan produksi 10 ribu per tahun. Pabrik ini berdiri di lahan seluas hampir 6 hektar.



Simak Video "Pemerintah Beri Subsidi Harga Motor Listrik, Siapa yang Untung?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT