Wujud Motor Listrik Kawasaki, Dijual Resmi 2023

ADVERTISEMENT

EICMA 2022

Wujud Motor Listrik Kawasaki, Dijual Resmi 2023

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 10 Nov 2022 08:09 WIB
Kawasaki resmi memperkenalkan dua motor listriknya di pameran EICMA Milan 2022
Foto: Dok. Kawasaki. Kawasaki resmi memperkenalkan dua motor listriknya di pameran EICMA Milan 2022.
Jakarta -

Kawasaki resmi memperkenalkan dua motor listrik terbarunya di pameran otomotif EICMA, Milan, Italia, yang berlangsung dari 8-13 November 2022. Kedua motor ramah lingkungan Kawasaki ini masing-masing mengusung desain fairing dan naked.

Di pameran tersebut, Presiden Kawasaki Motors Corporation, Hiroshi Ito, mempresentasikan rincian lebih lanjut, tentang rencana Kawasaki dan meluncurkan prototipe motor listrik Kawasaki terbaru. Kedua motor listrik itu mengambil bahasa desain Ninja series dan Z series.

Kawasaki resmi memperkenalkan dua motor listriknya di pameran EICMA Milan 2022Kawasaki resmi memperkenalkan dua motor listriknya di pameran EICMA Milan 2022 Foto: Dok. Kawasaki

Dikutip dari Speedweek, motor listrik Kawasaki ini memiliki suplai baterai ganda yang sama dengan kapasitas 3 kWh. Kedua model tersebut akan dipasarkan secara resmi pada tahun 2023.

Tak dijelaskan lebih rinci mengenai spesifikasi dua motor listrik itu. Namun jika dilihat sepintas, desainnya benar-benar mirip sepeda motor konvensional ICE (Internal Combustion Engine). Bahkan kedua motor listrik itu juga menggunakan transmisi daya dengan komponen gear dan rantai.

Selain memperkenalkan motor listrik baterai, pada kesempatan tersebut Kawasaki juga menampilkan prototipe motor hybrid-nya. Sama seperti mobil hybrid, motor hybrid diharapkan bisa menjadi jembatan bagi konsumen yang ingin beralih dari mesin konvensional ke listrik. Motor hybrid Kawasaki ini direncanakan meluncur pada 2024 mendatang.

Di EICMA Milan, Kawasaki juga menghadirkan motor roda tiga listrik yang disebut 'Noslisu' dan motor dengan mesin hidrogen eksperimental berdasarkan tipe Ninja H2. Mesin hidrogen memiliki teknologi direct injection dengan gas hidrogen yang terkompresi.

Dengan berbagai strategi hijaunya, Hiroshi Ito menegaskan bahwa Kawasaki tetap mengutamakan motor dengan mesin pembakaran dalam. Oleh karena itu, Kawasaki sedang meneliti bahan bakar alternatif untuk masa depan.

Pada 2024 dan 2025, Kawasaki berencana memperkenalkan hingga 30 model sepeda motor baru dengan mesin pembakaran internal (konvensional). Sekitar setengah dari model ini dikembangkan sesuai dengan regulasi di Eropa.



Simak Video "Kenapa Motor Listrik 'Belum Laku' di Indonesia?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT