Setelah Gesits, ITS Garap Motor buat Pegunungan Papua

ADVERTISEMENT

Setelah Gesits, ITS Garap Motor buat Pegunungan Papua

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 13 Okt 2022 08:50 WIB
Motor Listrik Gesits Digunakan di Istana Kepresidenan
Ilustrasi motor Gesits Foto: Youtube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tak berhenti hanya pada Gesits. Rektor ITS, Mochamad Ashari mengatakan ITS sedang mengembangkan motor listrik khusus pegunungan Papua.

"Kita semua tahu bahwa ITS, di sinilah pusat dilahirkan banyak riset-riset tentang teknologi otomotif, satu di antaranya adalah sepeda motor Gesits, yang sekarang sudah bisa kita jumpai, kita beli di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan sudah diekspor ke beberapa negara," buka Mochamad Ashari saat Seminar Nasional 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia di ITS, Surabaya, Selasa (11/10/2022).

Selain itu Papua juga sudah mulai menerapkan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) dari matahari, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tak hanya itu, Ashari mengatakan untuk pengisian baterai kendaraan listrik pun demikian.

"Saat ini kita juga sedang mendesain sepeda motor listrik khusus untuk daerah pengunungan di Papua, di sana juga dibangun stasiun pengisian menggunakan tenaga matahari," tambah dia.

Dalam sambutannya, Ashari belum mengungkap model serta spesifikasi dari desain motor yang dibuat di ITS untuk pegunungan Papua ini.

ITS merupakan salah satu kunci kelahiran Gesits. Gesits awalnya merupakan hasil penelitian ITS sejak awal 2007 kemudian dilanjutkan ke tahap yang lebih serius. Kemudian pada tahun 2015, jadilah prototipe dan langsung diikutsertakan dalam ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS).

Akhirnya motor listrik Gesits kini resmi berada di bawah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT WIKA Industri dan Konstruksi (WIKA) yang merupakan Entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA).



Simak Video "Mainstage Kaleb J: Kebutuhan Hati - To The Moon And Back - It's Only Me"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT