ADVERTISEMENT

Cuma Ada 10 di RI, Husqvarna Norden 901 Rp 500 Jutaan Ludes Terjual

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Jumat, 02 Sep 2022 19:31 WIB
Jakarta -

Pekan lalu Husqvarna telah memperkenalkan Norden 901, tidak perlu lama motor asal Swedia ini langsung ludes terjual ke tangan konsumen Indonesia. Sebagai catatan, motor besar dengan gaya petualang tersebut hanya tersedia 27 unit di Asia dan 10 unit telah terjual di Indonesia.

Owner 2Wheelies selaku distributor yang menjual unitnya Indonesia, Alex Samosir mengatakan, peminat Husqvarna Norden 901 sebenarnya banyak sekali, bahkan antreannya sampai mengular panjang. Namun, sekali lagi, stok yang tersedia memang sangat terbatas.

"Sebenarnya kalau dilihat dari angkanya, kita (Indonesia) beruntung bisa dapet 10 unit dari 27 unit di Asia. Kita memang diutamakan Husqvarna, karena pasar motor adventure di sini memang mulai tumbuh," ujar Alex Samosir saat penyerahan unit motor ke konsumen di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 2 September 2022.

Menurut target, seharusnya Norden 901 baru akan diserahkan ke 10 pembeli di Indonesia pada Desember 2022. Namun, di luar dugaan, ternyata prosesi penyerahannya bisa digelar lebih awal.

"Hari ini bukan cuma penyerahan unit saja, tapi bisa langsung dibawa pulang konsumen. Makanya kita siapkan juga riding gear-nya di sini," terangnya.

Husqvarna Norden 901Husqvarna Norden 901 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikOto

Motor adventure bergaya rally dakar tersebut menggunakan rangka berjenis Chromium Molybdenum Steel & Trellis. Rangka tersebut diklaim punya kelenturan dan keseimbangan yang baik, sehingga bisa diandalkan untuk berpetualang.

Rodanya berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Sementara jarak tapaknya 252 mm dengan steering head angle 64,2 derajat dan berat kering 204 kilogram. Sayangnya, tak ada detail rinci mengenai dimensi kendaraan.

Beralih ke dapur pacu, Husqvarna Norden 901 menggunakan mesin DOHC 889,5 cc, dua silinder, 4-tak, parallel twin dengan muntahan tenaga 105 daya kuda dan torsi 100 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6-percepatan.

Berstatus sebagai produk flagship, tunggangan tersebut dibekali sejumlah fitur unggulan seperti pencahayaan full LED, panel instrumen dengan teknologi TFT, empat mode berkendara (street, rain, off road dan explore), ABS dari Bosch, Cornering Motorcycle Traction Control (MTC), Power Assist Slipper Clutch, dan masih banyak lagi.

Husqvarna Norden 901Husqvarna Norden 901 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikOto

Sayangnya, pihak 2Wheelies tak bisa menyebutkan harganya secara detail. Namun, yang jelas berada di kisaran Rp 500 jutaan, off the road.

"Sejujurnya emang nggak bisa disebut secara pasti, pokoknya yang jelas ada di Rp 500 jutaan dengan status off the road," kata Alex.

(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT