ADVERTISEMENT

Tampil Lebih Tangguh, Motor Matik Dibekali Sederet Fitur Mumpuni

Angga Laraspati - detikOto
Selasa, 26 Jul 2022 11:01 WIB
Tampilan Baru Yamaha Gear 125
Foto: Yamaha-Tampilan Baru Yamaha Gear 125
Jakarta -

Motor matik atau skutik masih menjadi pilihan beberapa masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, skutik jadi motor yang mudah dan nyaman untuk dikendarai bagi para pengendara aktif.

Melansir dari CNBC Indonesia, pada tahun 2021 segmen motor matic jadi juara penjualan motor nasional dengan pangsa pasar 87,58%. Sisanya, ditempati segmen bebek sebesar 6,30% dan segmen sport sebesar 6,12%

Salah satu skutik yang ada di Indonesia yaitu Yamaha Gear 125 yang dirilis pada akhir tahun 2020 lalu. Dihadirkan untuk mengisi pasar motor skutik di kelas 125 cc dinilai cocok untuk gaya hidup anak muda karena tampilannya yang sporty, tangguh dan modern.

Saat pertama kali dirilis di tahun 2020, Yamaha memang memberikan DNA desain yang tangguh dan mengutamakan fungsionalitas (utility) untuk pengendaranya. Desain tangguh itu pun tetap terlihat pada tampilan baru saat ini, bahkan terkesan lebih modern berkat kombinasi warna dan desain terbarunya.

Secara harfiah, Yamaha Gear punya makna yang cukup baik. GEAR dapat diartikan sebagai tools atau alat yang bermakna sebagai alat transportasi andal untuk menjadi partner berkat kelengkapan fitur, desain, dan teknologinya.

Skutik ini juga mengusung 3 konsep dasar yang jadi pondasi. Pertama yaitu desain terbaru dengan tampil yang tangguh dan sporty. Hal ini bisa dilihat pada side protector di bagian samping dan juga lampu LED untuk membuat tampilannya semakin sporty.

Konsep selanjutnya yaitu berbagai inovasi yang membuat motor ini bisa memuat beberapa barang bawaan. Seperti rak depan berkapasitas besar yang bisa diatur serta tambahan double hook di bagian depan.

Ada juga inovasi pijakan kaki yang fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan keinginan. Ini membuat posisi kaki pengendara lebih nyaman dan leluasa bahkan saat membawa banyak barang ketika berkendara. Konsep terakhir yaitu kecanggihan teknologi dan kelengkapan fitur pada Yamaha Gear 125.

Mengusung konsep sebagai 'Matic Multiguna', Yamaha Gear 125 tampil dengan perpaduan grafis modern dan sentuhan warna baru yang membuatnya tampak lebih segar. Seperti pada versi standarnya, Yamaha memberikan 5 pilihan warna dengan nuansa glossy dan matte.

Adapun lima pilihan warna baru tersebut antara lain Metallic Cyan, Metallic White dengan kombinasi warna putih dengan grafis biru tua dan kuning, Metallic Red perpaduan warna merah dengan grafik biru, Matte Olive dengan nuansa hijau olive, dan Metallic Black perpaduan warna hitam dengan grafik kuning.

Yamaha juga memberikan sentuhan pada Yamaha GEAR S Version dengan aksen grafis yang dikombinasikan emboss tulisan bercorak emas melalui dua pilihan warna andalannya yaitu Prestige Silver dan Matte Red.

Motor bermesin Blue Core 125cc ini memiliki dapur pacu yang disokong mesin 4-stroke, SOHC satu silinder 124,96 cc dengan sistem pembakaran injeksi. Mesin Yamaha Gear dapat mengeluarkan tenaga sebesar 7,0 kW / 8000 rpm dan torsi 9,5 Nm/ 5500 rpm. Dengan performa ini, membuat pengendara Menang Banyak karena Pasti Kuat, Pasti Nanjak, Pasti Irit & Pasti Keren.

Dimensinya juga cukup ramping, karena memiliki panjang x lebar x tinggi: 1.870mm x 685mm x 1060mm. Jarak sumbu rodanya 1.260mm, dengan tinggi tempat duduk 750 mm dan jarak ke tanah 160 mm. Tampilan sportynya juga terlihat dari bodi ramping serta garis-garis tegas nan tajam.

Yamaha GEAR 125 juga telah dilengkapi dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara starter halus saat motor dinyalakan dan Stop & Start System (SSS) yang memberikan performa berkendara bertenaga dan tetap irit.

Semakin praktis dengan adanya Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai ponsel saat berkendara. Kelengkapan fitur lainnya yaitu Yamaha GEAR 125 telah menggunakan ban belakang tubeless dengan tapak lebar.

Kerennya lagi, motor ini memiliki fitur unggulan layaknya skutik premium, seperti adanya fitur Answer Back System yang khusus ada pada Gear 125 S untuk menemukan motor saat di parkiran, lampu depan LED dan lampu hazard.

Mendukung pengendara Yamaha GEAR 125 yang aktif serta memiliki rutinitas harian padat, Yamaha juga menyediakan fasilitas servis reminder, lokasi dan fasilitas dealer, informasi produk, aktivitas, dan promosi melalui aplikasi My Yamaha App.

Di pasaran Yamaha GEAR 125 untuk tipe S-version dijual seharga Rp18.150.000 sedangkan tipe Standard dijual seharga Rp 17.395.000, seluruhnya untuk OTR Jakarta.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT