ADVERTISEMENT

Dolar dan Inflasi Naik, Harga Motor Honda Masih Sama

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 16 Jul 2022 15:35 WIB
Honda Genio terbaru telah resmi meluncur. Skutik andalan Honda di kelas entry level itu kini lebih stylish dan punya fitur baru. Rabu, 23/3/2022.
Harga motor Honda masih belum mengalami kenaikan. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Inflasi tinggi dan kenaikan dolar Amerika Serikat bisa mendongkrak harga-harga barang, termasuk sepeda motor. Tapi untuk sementara ini, harga motor Honda masih sama.

Industri otomotif disebut bakal merasakan dampak langsung dari tingginya tingkat inflasi di Amerika Serikat. Harga bahan baku impor untuk kebutuhan di industri otomotif bisa jadi meningkat terlebih bila nilai tukar rupiah terhadap dolar terus menguat. Jika harga bahan baku meningkat, bukan tidak mungkin harga kendaraan roda dua juga ikut terkerek.

Sebagai salah satu produsen motor terbesar di Indonesia, Honda masih memantau situasi tersebut. Sejauh ini, Honda belum melakukan penyesuaian terhadap harga motor yang dijual di Indonesia.

"Sejauh ini kami masih mempelajari kondisi yang berkembang saat ini, termasuk inflasi dan kenaikan bahan baku yang terkait dengan industri. Penyesuaian harga belum kami lakukan saat ini," kata General Manager Corporate Communication Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin, saat dihubungi detikcom, Jumat (12/7/2022).

Honda sendiri belakangan tengah dihantui masalah krisis chip semikonduktor di tengah peningkatan permintaan konsumen. Hal ini membuat distribusi sepeda motor Honda jadi terlambat. Konsumen harus sedikit bersabar menanti motor impiannya sampai ke garasi rumah.

Semikonduktor merupakan salah satu komponen penting bagi banyak industri, termasuk otomotif. Tanpa chip semikonduktor, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Honda juga telah melayangkan permohonan maaf kepada konsumen terkait keterlambatan pengiriman tersebut. Adapun produk-produk yang mengalami keterlambatan pengiriman karena krisis chip semikonduktor adalah model-model motor matic.

Honda diketahui menjajakan ragam motor matic seperti BeAT, BeAT Street, Genio, Scoopy, Vario 125, Vario 160, PCX 160, ADV 160, PCX e:HEV, serta Honda Forza 250.

"Saat ini kami sedang berusaha untuk mengatasi masalah tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen setia sepeda motor Honda sebaik-baiknya. Ini komitmen kami, seperti yang selama ini sudah kami lakukan untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen kami di Indonesia sesuai semangat Satu Hati," tulis AHM dalam pernyataannya.



Simak Video "Belum Ada Kenaikan, Ini Harga Motor Matic Honda per Januari 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT