ADVERTISEMENT

Ototest

Honda ADV 160: Mesin dan Sasis Baru Bikin Riding Makin Seru!

Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 14 Jul 2022 07:07 WIB
Jakarta -

Sejak meluncur pada Agustus 2019 di GIIAS, animo masyarakat akan Honda ADV 150 cukup baik. Namun tak sampai tiga tahun dari peluncurannya, tepatnya di awal Juli 2022 ini Honda menyempurnakan lini skutik adventure ini menjadi Honda New ADV 160.

Kali ini, detikOto berkesempatan untuk menjajalnya langsung dan membuktikan penyempurnaan yang dilakukan Honda terhadap lini model ADV ini. Kira-kira seperti apa rasa berkendara Honda ADV 160 ini? Simak ulasan kami!

New Honda ADV 160 dengan aksesori resmi pabrikanHonda ADV kini mengusung mesin yang identik dengan PCX 160 Foto: Dok. PT Astra Honda Motor (AHM)

Mesin 160 cc-nya Identik dengan PCX

Dengan embel-embel nama 160, Honda ADV kini mengusung mesin yang identik dengan PCX 160. Mesin eSP+ 4-katup yang mempunya tenaga maksimal 16 PS / 8.500 RPM dan torsi 14,7 Nm / 6.500 sekarang mengawal skutik adventure ini.

Mesin yang sama dengan PCX 160 ini membuat karakter yang mirip. Tenaganya cukup terasa buas di tarikan bawah ke tengah, namun terasa kurang agresif dari tengah ke atas. Sedangkan di tarikan atas, kami belum dapat mengetahuinya sebab trek pengetesan yang terbatas.

Honda ADV menurut kami memang pas menggunakan mesin seperti ini. Konsepnya sebagai motor adventure, tentu membutuhkan lebih banyak tarikan bawah. Apalagi ketika melahap jalur perbukitan.

Namun dengan karakter tarikan tengah ke atasnya yang kurang agresif, rasanya motor ini akan bikin gregetan jika dipakai touring di jalanan yang mayoritas lurus dan panjang.

Honda ADV 160Posisi berkendaranya kini makin terasa sigap dan cenderung lebih baik dari Honda ADV 150 Foto: Istimewa/Astra Honda Motor (AHM)

Handling-nya Bikin Percaya Diri, Suspensi Lebih Sporty

Tak hanya mengganti mesin 150-nya dengan mesin 160, Honda juga harus merevisi sasisnya agar lebih sempurna. Namun ini berjalan sesuai rencana dan sangat baik rasanya.

Dimensi Honda ADV 150 dan 160 masih sama, namun tinggi joknya si 160 ini dibuat lebih rendah. Selain itu, Honda juga merevisi bentuk jok, bentuk dek, hingga bentuk bodinya agar lebih ergonomis.

Posisi berkendaranya kini makin terasa sigap dan cenderung lebih baik dari Honda ADV 150. Test rider detikOto yang punya tinggi 175 cm dengan postur tubuh besar, tak kesulitan meraih setang ataupun menjejakkan kaki ke tanah.

Lalu untuk suspensinya, Honda kini mengeset suspensi ADV makin sporty. Terbukti dari karakter sok belakang yang kian keras, namun lebih ditinggikan. Sedangkan sok depannya, masih empuk dan punya jarak travel yang panjang.

Secara umum handling ADV 160 jadi tajam dan agile berkat karakter suspensinya yang diset demikian. Asyiknya lagi, melahap jalanan rusak atau polisi tidur menjadi lebih tidak khawatir karena jarak main soknya yang tinggi.

[Halaman selanjutnya: Fitur, Kesimpulan Ulasan, dan Harga Honda ADV 160]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT