ADVERTISEMENT

Spesifikasi dan Harga Moge Paspampres yang Ringsek Kecelakaan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 13 Jul 2022 13:08 WIB
Kecelakaan beruntun melibatkan moge BM Patwal Polisi dengan moge Paspampres di Tol Dalam Kota, Selasa (12/7/2022).
Kecelakaan beruntun melibatkan moge BM Patwal Polisi dengan moge Paspampres di Tol Dalam Kota, Selasa (12/7/2022). (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Motor gede (moge) tunggangan Paspampres mengalami kecelakaan di Tol Dalam Kota km 05 Tegal Parang, Jakarta Selatan. Kecelakaan yang terjadi pada 12 Juli pukul 16.30 WIB tersebut juga melibatkan motor BM Patwal Polisi dan bus Sumber Jaya.

Akibat kecelakaan itu, dua motor terlihat ringsek, bahkan olinya sampai tumpah ke jalan. Kejadian bermula ketika anggota Paspampres kehilangan kendali hingga menabrak bagian belakang bus Sumber Jaya yang tengah berhenti di lajur 1. Setelah itu motor yang dikendarai anggota Paspamres tersebut olinya bocor hingga mengakibatkan motor BM Patwal ikut terjatuh ke jalan.

Bicara moge Paspampres yang menabrak bagian belakang bus, ini merupakan moge Honda Goldwing GL1800. Paspampres sudah menggunakan moge Honda Goldwing sejak 2005. Adapun moge Paspampres yang mengalami kecelakaan ini adalah Honda Goldwing generasi kelima yang mengalami update di tahun 2011.

Moge Honda itu ditenagai mesin 1.832 cc enam silinder boxer SOHC dengan PGM-FI. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 118 daya kuda dengan torsi maksimal 167 Nm.

Motor itu punya transmisi manual lima percepatan. Uniknya, seperti sebuah mobil, motor ini punya gigi mundur. Jadi, pengendaranya tak perlu repot mengerahkan tenaga untuk memundurkan motor.

Moge ini menggunakan tipe rangka diamond multi box-section aluminium alloy. Bobotnya mencapai 362 kg hingga 407 kg.

Berapa harganya? Kalau dilihat dari situs jual beli motor bekas, Honda Goldwing lansiran 2010-2011 dijual dengan kisaran Rp 300-400 jutaan.

PT Astra Honda Motor (AHM) saat ini juga menjual moge Honda Goldwing secara resmi. Namun, Goldwing yang dijajakan AHM saat ini adalah generasi keenam yang pertama kali meluncur pada 2018.

Saat ini, harga baru Honda Goldwing generasi keenam yang resmi dijual oleh AHM mencapai Rp 1.052.487.000. Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, sempat naksir dengan Goldwing terbaru ini untuk jadi motor Paspampres.



Simak Video "'Dokter' Harley asal RI di AS Latih Anak Indonesia Oprek Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT