Motor Balap Listrik Ducati, 'Ducat-E' Akhirnya Muncul

ADVERTISEMENT

Motor Balap Listrik Ducati, 'Ducat-E' Akhirnya Muncul

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 05 Jul 2022 17:48 WIB
Motor listrik balap Ducati disapa Ducat-E
Motor Balap listrik Ducati disapa Ducat-E (Foto: doc. Ducati/MCN)
Jakarta -

Ducati sudah lama terdengar akan memperkenalkan motor listrik. Momen yang ditunggu itu akhirnya tiba, mereka belum lama ini memperkenalkan Ducat-E yang menawarkan motor sport dengan performa terbaik bertenagakan elektrik.

Dikutip dari motorcyclenews, Ducati untuk kali pertama memperlihatkan motor listrik mereka yang bakal mengikuti ajang MotoE World Cup 2023. Tidak hanya itu, motor ini juga akan menjadi cikal bakal motor Ducati dengan spesifikasi listrik di masa-masa mendatang.

Sebagai catatan, motor yang disebut V21L merupakan hasil kolaborasi Ducati dengan Corse Racing Department, di mana pengembangannya menggunakan sasis Ducati Panigale.

"Dunia tengah memasuki periode yang kompleks dan kelestarian lingkungan adalah elemen penting dan semua individu serta brand harus lebih memprioritaskan untuk menjaga keseimbangan planet," kata CEO Ducati Claudio Domenicali.

Motor listrik Ducati V21L yang dibangun dari sasis Panigale ini langsung diuji oleh pebalap Michele Pirro, Alex De Angelis, dan Chaz Davies. Hasilnya motor listrik dengan bobot 224,5 kg diklaim bakal mampu berlari hingga 147 tenaga kuda dengan torsi mencapai 103,3 lbft, dan mampu mencapai top speed hingga 171 mph atau 275 km/jam di Sirkuit Mugello.

Motor listrik balap Ducati disapa Ducat-EMotor listrik balap Ducati disapa Ducat-E Foto: doc. Ducati/MCN

"Memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu peserta MotoE World Cup tidak hanya menarik secara teknologi, tetapi juga cara terbaik untuk menafsirkan tantangan di era masa depan," tambah Ducati Technical Director, Vincenzo De Silvio.

Dalam kesempatan yang sama, Silvio juga mengatakan kompetisi balap motor listrik menjadi ajang menarik untuk bisa mengembangkan teknologi.

"Kompetisi balap menjadi wadah yang ideal untuk mengembangkan teknologi yang inovatif, sebelum ditransfer ke sepeda motor yang masuk dalam jalur produksi," Silvio menambahkan.

Soal spesifikasi, Ducati V21L memiliki kapasitas baterai 18 kWh dengan bobot mencapai 110 kg. Motor balap listrik Ducati ini juga ikut menyediakan charging socket 20 kW, liquid cooling system. Lebih keren lagi, motor ini hanya butuh waktu 45 menit untuk bisa melakukan pengisian baterai dari nol hingga 80 persen.



Simak Video "Ini Penampakan Ducati Knalpot Standar yang Ditilang Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT