India Bikin Skuter Listrik Pesaing Vespa Elettrica, Harga Rp 18 Jutaan

ADVERTISEMENT

India Bikin Skuter Listrik Pesaing Vespa Elettrica, Harga Rp 18 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 13 Jun 2022 19:25 WIB
Skuter listrik buatan India Bajaj Chetak
Bajaj Chetak. Foto: Cartoq
Jakarta -

Produsen motor asal India, Bajaj Auto Limited, baru-baru ini meluncurkan produk skuter listrik pertamanya, Chetak, dari pabrik teranyar di Akurdi, Pune Maharashtra. Skuter listrik ini memiliki tampilan elegan khas skuter Eropa dan bakal cocok untuk dijadikan pesaing Vespa Elettrica.

Dikutip dari laman Cartoq, pabrik Bajaj bisa memproduksi sekitar 500 ribu unit skuter listrik Chetak setiap tahunnya. Pabrik Bajaj di Akurdi, Pune, bakal menjadi pusat desain, pengembangan, penelitian, sampai pada pusat produksi kendaraan listrik.

Era mobilitas elektrik mulai menyambut. Vespa di pameran otomotif roda dua yang digelar di Milan, Italia, memperkenalkan skuter berenaga listrik, Vespa Elettrica.Vespa Elettrica Foto: Pool/Vespa

Fasilitas baru ini terintegrasi dengan peralatan manufaktur robotik dan otomatis mutakhir untuk menjalankan berbagai tugas, dari logistik, penanganan material hingga fabrikasi, dan pengecatan hingga perakitan dan jaminan kualitas. Pabrik ini mempekerjakan sekitar 800 orang.

Saat ini skuter listrik Chetak tersedia dalam dua varian, pertama adalah versi Urbane dan yang kedua adalah Premium. Skuter versi Premium mendapat fitur tambahan seperti rem cakram, pilihan warna metalik, jok warna cokelat dan sebagainya. Versi Urbane dihargai Rs 100 ribu atau setara Rp 18,8 juta, sedangkan versi Premium harganya Rs 1,15 lakh atau Rp 21,6 juta.

Skuter listrik buatan India Bajaj ChetakSkuter listrik buatan India Bajaj Chetak Foto: Cartoq

Kedua varian tersebut ditenagai oleh motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 4,2 kW. Baterai Lithium-ion memiliki peringkat IP67 dan memiliki garansi 3 tahun atau 50.000 km. Bajaj mengklaim dibutuhkan 5 jam untuk mengisi baterai hingga penuh dari 25% hanya dalam satu jam.

Skuter listrik Chetak dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti instrument cluster full digital, lampu depan LED, dan material berkualitas tinggi yang sesuai dengan harganya. Bajaj mengklaim telah menjual lebih dari 14 ribu e-skuter Chetak dan lebih dari 16 ribu dalam pemesanan.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT