Erick Thohir: Satu Vespa Sejuta Saudara, Bukti Indonesia yang Kita Kenal

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 11 Jun 2022 10:32 WIB
Vespa World Days 2022 di Bali
Foto: Vespa World Days 2022 di Bali (Dok. Piaggio indonesia)
Badung -

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pejabat yang meresmikan Vespa World Days 2022, Jumat (10/6/2022) malam bersama Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dalam penjelasannya, Erick menyoroti slogan anak Vespa, yaitu Satu Vespa Sejuta Saudara.

"Buat komunitas Vespa luar biasa. Dengan slogan 'Satu Vespa Sejuta Saudara', ini luar biasa, membuktikan jangan pernah mempertanyakan lagi atau mengubah Indonesia yang kita kenal," ujar Erick Thohir kepada wartawan usai meresmikan Vespa World Days 2022 di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali, Jumat (10/6/2022) malam.

Menurut Erick, anak-anak Vespa terkenal dengan solidaritasnya. Di jalanan, pencinta Vespa akan saling menegur dan membantu jika kesusahan.

"Motornya sama Vespa, yang naik berbeda suku, agama, bangsa, tetapi bagaimana menghormati persaudaraan," sebut Erick.

Soal Vespa World Days 2022, ini pertama kalinya lebaran anak Vespa digelar di luar Eropa. Menurutnya, antusiasmenya juga cukup besar.

"Ini memecahkan rekor, 8.600 yang hadir. sebenarnya lebih, 12.000 yang hadir, cuma dibatasi. Ini membuktikan bahwa market Indonesia, ekonomi kita yang sangat besar sekarang mulai dilihat dunia. dan saya berharap tadi sama Marco (Marco Nata La Diega, President Director PT Piaggio Indonesia) saya bilang juga pabrik Vespanya mesti dibikin juga di sini. Jadi kita harap kita menjadi fondasi untuk ekonomi yang ada di Asia Tenggara," sebut Erick.

Erick Thohir saat menyapa anak-anak Vespa di Vespa World Days 2022Erick Thohir saat menyapa anak-anak Vespa di Vespa World Days 2022 Foto: Rangga Rahadiansyah/detikcom

Sementara itu, Bamsoet mengatakan, momen Vespa World Days 2022 yang digelar di Bali menjadi sejarah. Kehadiran Vespisti-sebutan bagi pencinta Vespa-yang mencapai ribuan orang dari belasan negara di dunia menjadi rekor tersendiri.

"Ini adalah bukti bahwa komunitas Vespa luar biasa. Satu Vespa, sejuta saudara. Kita semua memang bersaudara," sebut Bamsoet.

Mantan Presiden Klub Vespa Dunia, Martin Stift yang mewakili Presiden Klub Vespa sekarang, Mauro Calestrini, mengatakan sangat senang dengan Vespa World Days 2022 yang digelar di Bali. Dia menilai, komunitas penggemar Vespa di Indonesia sangat besar dan aktif.

"Ada banyak hal yang nggak ada di Eropa. Coba lihat deh, di sini lebih baik daripada Eropa," ujar Martin yang disambut meriah oleh Vespisti.

Vespa World Days 2022 di Bali ini dihadiri oleh 8.500 Vesptisti. Tak cuma dari seluruh penjuru Indonesia, anak Vespa dari negara lain seperti Amerika, Australia, Austria, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Filipina, Inggris, Spanyol, Yordania, Vietnam, Prancis, Finlandia, Macedonia, dan Meksiko hadir di Bali. Mereka menggunakan Vespa mulai darii Vespa 2 tak hingga Vespa matik terbaru.



Simak Video "Wujud Vespa Berbahan Tembaga yang Dijual Rp 1 Miliar!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)