Waduh Sarung Tangan Motor Bisa Sebabkan Kanker, Alpinestars Langsung Recall!

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 02 Jun 2022 19:44 WIB
Alpinestars (GP Plus Gloves BL/WH)
Alpinestars recall Foto: Pool (visordown)
Jakarta -

Alpinestars terpaksa menarik kembali salah satu model sarung tangan mereka karena bahan dalam konstruksinya yang dapat menyebabkan kanker.

Dikutip visordown, siapa yang tak mengenal Alpinestars, yup benar, Alpinestars merupakan merek otomotif ternama yang sudah dikenal dan kerap menjadi pilihan pengendara di jalan raya, trek; tanah atau aspal, karena Alpinestars dapat menawarkan sesuatu untuk menutupi hampir semua bagian tubuh Anda yang perlu dilindungi saat berkendara.

Komisi Eropa (EC) telah melaporkan kepada Federasi Asosiasi Pengendara Sepeda Motor Eropa (FEMA), menyatakan bahwa sarung tangan Alpinestars khusus ini mengandung bahan kimia Chromium (VI), yang menurut EC dapat menyebabkan reaksi alergi, dan dapat menyebabkan kanker.

EC mengatakan bahwa Alpinestars harus melepas sarung tangan dari pasar, dan mereka tidak dapat lagi dipasarkan oleh distributor, selain penarikan.

Alpinestars (GP Plus Gloves BL/WH)Alpinestars (GP Plus Gloves BL/WH) Foto: Pool (visordown)

Sebagai catatan kromium adalah senyawa yang menonjol karena ketahanannya terhadap korosi dan dan lebih keras. Faktanya, hanya Boron dan Karbon yang lebih keras daripada Chromium. Untuk alasan ini, digunakan dalam produksi baja untuk membuat baja tahan karat.

Namun, Kromium (VI) sangat beracun karena sifat oksidannya yang kuat, dan begitu masuk ke dalam tubuh dapat merusak ginjal dan hati, serta sel darah, melalui reaksi oksidan. Reaksi tersebut dapat menyebabkan sel darah pecah, dan bahkan gagal hati.



Simak Video "Makin Dekat dengan RI, KIA EV6 Rilis di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)