Yamaha Eropa Segarkan 'NMAX Roda Tiga'

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 08 Mei 2022 19:23 WIB
Yamaha Tricity 125 model 2022
Yamaha Eropa memberi penyegaran terhadap motor roda tiga dengan basis mesin yang sama dengan NMAX, yakni Tricity 125 dan Tricity 155 (dok. Yamaha Motor Europe)
Jakarta -

Yamaha Eropa memberi penyegaran terhadap motor roda tiga dengan basis mesin yang sama dengan NMAX, yakni Tricity 125 dan Tricity 155. Penyegaran ini dilakukan kepada mesin, sedikit pada bagian rangka, hingga desainnya.

Demi membuat lingkungan yang lebih baik, Tricity 125 ataupun 155 kini mengusung mesin baru yang sudah lulus uji emisi EURO5. Mesin yang dibekali dengan teknologi Blue Core ini, kini diklaim lebih efisien serta ramah emisinya. Selain itu, mesin Tricity juga sudah dibekali dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) khas Yamaha.

Yamaha Tricity 125 model 2022Tricity 125 ataupun 155 kini mengusung mesin baru yang sudah lulus uji emisi EURO5 Foto: Yamaha Motor Europe

"Mengusung piston tempa yang tahan lama dan kepala silinder yang dirancang baru. serta katup masuk yang lebih besar dan rasio kompresi yang ditingkatkan, mesin baru Tricity 125 diuntungkan oleh teknologi VVA Yamaha yang memastikan akselerasi yang baik dengan kinerja yang hidup dan pengurangan konsumsi bahan bakar," tulis Yamaha Eropa di rilis resmi yang mereka siarkan pada Kamis (5/5/22) lalu.

Selain mesin yang lebih ramah emisi, Tricity juga mengusung Starter Generator Control Unit (SGCU) yang diklaim membuat fungsi kelistrikan serta elektronik dari mesin kian optimal. Yamaha bahkan mengklaim, dengan teknologi ini pengiriman bahan bakar, pembangkit listrik motor, hingga sistem Start & Stop-nya dapat lebih ramah lingkungan.

"SGCU ini juga mengatur sistem Smart Motor Generator baru mesin yang menggabungkan fungsi generator terpisah dan motor starter model sebelumnya menjadi satu unit kompak," tulis Yamaha.

Tak hanya pada emisi secara umum, Yamaha juga membuat emisi suara dari Tricity ini kian minim. Start & Stop System di Yamaha Tricity diklaim jauh lebih hening dan efisien cara kerjanya. Ini membuatnya kian pas digunakan kendaraan sehari-hari di kota besar.

Yamaha Tricity 125 model 2022Di sektor sasis, Yamaha memberikan sedikit revisi pada bagian tata letak serta poros kemudinya Foto: Yamaha Motor Europe

Di sektor sasis, Yamaha memberikan sedikit revisi pada bagian tata letak serta poros kemudinya. Tricity yang mengusung sistem kemudi LMW Ackermann atau yang sama dengan kepunyaan Yamaha NIKEN, kini menggunakan desain baru di bagian roda depan yang diklaim lebih natural pengendaliannya.

"Desain terbaru ini memastikan bahwa roda depan kiri dan kanan selalu mengukir busur konsentris bahkan dalam kemiringan yang dalam, memberikan nuansa yang lebih alami dan intuitif serta memudahkan pengendara untuk tetap pada jalur pilihan mereka," tulis Yamaha.

Hadirnya ubahan di sektor sasis ini, membuat Yamaha Tricity memanjang sekitar 60 mm di bagian jarak sumbu rodanya. Kendati memanjang, Yamaha mengklaim pengendalian dari Tricity model anyar ini kian membaik dan lebih nyaman dibandingkan versi sebelumnya.

Sektor kaki-kaki belakang juga turut mendapat revisi. Yamaha kini memasang sok belakang model ganda yang lebih panjang sekitar 90 mm dari versi sebelumnya. Karakter spring rate dan damping dari sok belakangnya pun dibuat lebih kuat untuk memberikan efek yang lebih stabil terhadap motor.

Yamaha Tricity 125 model 2022Sebagai motor Yamaha kekinian, Tricity versi terbaru ini dibekali dengan layar instrumen kluster digital yang bisa terhubung ke smartphone Foto: Yamaha Motor Europe

Sebagai motor Yamaha kekinian, Tricity versi terbaru ini dibekali dengan layar instrumen kluster digital yang bisa terhubung ke smartphone. Mirip dengan teknologi yang hadir di NMAX versi Indonesia, dari layar instrumen klusternya Tricity ini dapat menampilkan notifikasi telepon, sosial media, email, atau pesan singkat yang masuk ke smartphone.

Untuk kenyamanan lainnya, Tricity juga kini hadir dengan dek yang lebih lebar dan diklaim lebih nyaman dari versi sebelumnya. Selain itu, footstep pembonceng pun direvisi dan lebih praktis penggunaannya. Tricity juga kini direvisi bagian reflektor lampu utamanya agar lebih baik dari segi pencahayaan di malam hari.

Tricity 125 dan 155 kini hadir dalam dua pilihan warna baru yakni Petrol Blue atau biru dan Sand Grey atau abu-abu. Selain itu ada juga pilihan warna Matt Grey atau abu-abu doff. Motor roda tiga ini rencananya mulai dijual pada September 2022 mendatang dan hingga kini belum ada informasi harga yang dibeberkan oleh Yamaha.



Simak Video "NMAX Roda Tiga Dapat Penyegaran di Eropa, Ini Wujud Yamaha Tricity Model 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)