Yamaha Luncurkan Motor Konsep Rough Road Tricity, Cocok untuk Evakuasi Bencana Alam

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 03 Nov 2021 07:10 WIB
Yamaha Rough Road Tricity
Foto: Yamaha Global
Jakarta -

Produsen roda dua Yamaha telah meluncurkan sebuah motor konsep bernama Rough Road Tricity. Nantinya, sepeda motor ini bakal ditugaskan saat terjadi bencana alam dan menerjang berbagai medan berat.

Dikutip dari Ride Apart, sepeda motor konsep ini pada dasarnya adalah skuter roda tiga Tricity milik Yamaha. Namun, versi konsepnya ini diklaim mampu dikendarai pada medan offroad yang terjal dan sulit dilalui.

Yamaha membawa sejumlah perubahan pada Tricity konsep versi Survival, seperti penggunaan ban serta livery yang mengusung tim evakuasi bencana. Cara ini dilakukan Yamaha guna menggambarkan sepeda motor yang tangguh saat menerjang berbagai kondisi bencana alam seperti tanah longsor, banjir, hingga gempa bumi.

Pada bagian ban, sepeda motor Tricity Rough Road hadir dengan pilihan ban offroad. Penggunaan ban jenis ini berfungsi untuk memberikan kemudahan tim evakuasi ketika harus melewati jalanan terjal dan medan cukup berat.

Selain itu, hadir juga sejumlah komponen pendukung lainnya mulai dari LED bar, hand guard, dan sirine yang diletakan di bagian samping motor. Sementara pada bagian belakang juga dilengkapi sebuah kotak box dan keranjang panniers di sisi samping untuk menaruh sejumlah barang.

Agar sepeda motor tetap kuat menerjang berbagai medan, Rough Road Tricity menghadirkan sejumlah pelindung seperti skid plate di bagian bawah serta pelindung lampu depan. Terdapat juga pelindung berbahan logam di sekitar fairing samping motor untuk mengantisipasi pengendara menghantam benda.

Soal spesifikasinya, Yamaha belum menjelaskan lebih detail mesin yang diusung pada Rough Road Tricity konsep ini. Namun diprediksi, motor tersebut akan mengambil basis pada model 125 cc atau 155 cc.

Sepeda motor ini tampil pertama kali dalam Pameran Perdagangan Pencegahan Bencana Alam yang digelar di Tokyo, beberapa waktu lalu. Sayangnya, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut belum mengungkapkan kapan Tricity versi offroad ini bakal diproduksi secara umum.



Simak Video "Tinggal 5 Unit! Segini Harga Motor Matic Langka Yamaha QBIX yang Ready Stock di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)