ADVERTISEMENT

Ajang Street Race Polda Metro Jaya Siap Digelar di BSD

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 04 Apr 2022 21:07 WIB
Street race yang digelar hari ini di Ancol, Jakarta Utara, menarik perhatian warga. Mereka datang berbondong-bondong menonton balapan ini.
Street Race bakal digelar kembali di BSD. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya akan kembali menggelar ajang street race dalam waktu dekat. Rencananya kompetisi street race akan digelar di BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, selama bulan suci Ramadan tahun ini.

Sebelumnya, ajang balap street race yang digelar oleh Polda Metro Jaya sempat ditunda sementara waktu. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia karena varian baru Omicron.

Penundaan tersebut dilakukan sejak Februari lalu. Namun, setelah kasus COVID-19 mulai menurun kini Polda Metro Jaya berencana kembali menggelar ajang street race dalam waktu dekat.

Saat ini, pihak Satlantas Polres Tangsel telah mengecek trek atau lintasan street race di kawasan Jalan Baru Gipti, BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

"Saat ini Satlantas Polres Tangerang Selatan sedang dalam proses perencanaan untuk menggelar street race BSD yang rencananya akan digelar pada bulan suci Ramadan ini," kata Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman dikutip NTMC Polri.

Usai di Ancol, Jakarta, street race bakal digelar di Bekasi hingga Tangerang. Nah, bagaimana penampakan calon lokasi street race di Tangerang ini?Calon lokasi street race di BSD. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

"Street race BSD ini merupakan program bapak Kapolda Metro Jaya dan Dirlantas Polda Metro Jaya," ujarnya.

Tak hanya melaksanakan survei lintasan, Polres Tangsel juga mengajak komunitas dan joki balap motor untuk melihat langsung kondisi aspal yang akan digunakan sebagai trek street race di BSD.

"Tujuannya untuk melakukan double dan triple check kondisi trek yang ada di lapangan dari aspek keamanan dan aspal yang akan digunakan untuk balapan nanti," jelas Dicky.

Dari hasil pengecekan, Dicky mengatakan lintasan street race di BSD tersebut cukup untuk jarak sampai 500 meter. Dicky mengatakan hasil pengecekan dan tahap persiapan bakal segera dilaporkan ke Kapolres dan Dirlantas Polda Metro Jaya.

"Nanti kita akan sampaikan terkait pengecekan kepada pimpinan kami Bapak Kapolres dan Bapak Dirlantas Polda Metro Jaya, tadi kita juga sudah diskusi dengan komunitas dan joki balap soal kondisi aspal juga layak dan faktor keselamatan sudah mendukung," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dicky mengungkapkan jika pelaksanaan street race ini bertujuan untuk menyalurkan kegiatan pebalap motor agar tidak lagi melakukan balap liar di jalan raya. Sementara itu, untuk mekanisme pelaksanaan dan kelas kendaraan yang dapat turut serta masih dalam proses perencanaan.

"Masih akan dirapatkan, masih dalam proses perencanaan," tutur Dicky.

Ajang street race sebelumnya telah diadakan Polda Metro Jaya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Street race memang ditujukan untuk mengatasi masalah balapan liar di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Karena mendapat respon positif, gelaran street race ini rencananya bakal terus dilanjutkan dan hadir di sejumlah wilayah seperti BSD Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok.



Simak Video "Jalan Kemayoran Ditutup Jelang Gelaran Street Race"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT