Kasus COVID-19 Meningkat, Polda Metro Jaya Tunda Ajang Street Race

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 03 Feb 2022 20:35 WIB
Polda Metro Jaya menggelar balap liar resmi atau street race perdana pada 16 Januari 2022. Minggu (16/1/2021). CNN Indonesia/Andry Novelino
Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Jakarta -

Ajang balap street race yang digelar oleh Polda Metro Jaya kini harus ditunda sementara waktu. Penundaan disebabkan meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia karena varian baru Omicron.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah memfasilitasi balapan jalanan atau street race untuk sepeda motor yang digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Street race ini hadir untuk mengatasi masalah balapan liar di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Karena mendapat respon positif, gelaran street race ini rencananya bakal terus dilanjutkan dan hadir di sejumlah wilayah seperti BSD Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok. Bahkan beberapa waktu lalu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo telah melakukan peninjauan calon lintasan street race.

Namun ajang balap street race harus ditunda sementara waktu karena jumlah kasus COVID-19 terus meningkat, khususnya di DKI Jakarta. Penundaan ini dilakukan demi mencegah penyebaran semakin luas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Persiapan sudah kami lakukan tapi pelaksanaan menunggu ketika badai Omicron mereda," ujar Sambodo dilansir dari situs NTMC Polri.

Jika memang kondisi pandemi COVID-19 terkendali, ajang street race rencananya kembali dimulai pada pertengahan atau akhir Februari 2022. Bahkan, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya sudah bertemu dengan sejumlah komunitas sepeda motor untuk membahas kelanjutan street race.

"Belum pembukaan pendaftaran, tapi kami sudah persiapkan sirkuit, pertemuan-pertemuan dengan komunitas. Tapi pelaksanaannya kapan tunggu waktu yang tepat," jelas Sambodo.

Polda Metro Jaya Sudah Tinjau Calon Lintasan Street Race

Sebelum akhirnya gelaran street race ditunda, Polda Metro Jaya sudah melakukan peninjauan terlebih dahulu untuk calon lintasan street race di Bekasi hingga Tangerang.

Di Bekasi, ada dua lokasi untuk ajang street race yang disiapkan. Salah satu lokasi itu berada di Perumahan Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Sambodo menyebut warga perumahan itu telah memberikan lampu hijau digelarnya street race di lokasi tersebut.

Selain di Perumahan Vida, Kota Bekasi, kawasan Meikarta di Kabupaten Bekasi pun menjadi salah satu opsi digelarnya ajang street race. Namun lokasi itu masih dalam pertimbangan petugas.

"Nanti kita cek, mungkin di Meikarta," papar Sambodo dikutip dari detikNews.

Salah satu lokasi yang ditinjau berikutnya adalah kawasan BSD, Tangerang Selatan. Hasil pengecekan awal lokasi itu dinyatakan telah siap menggelar ajang street race untuk kawasan Tangerang. Sambodo menyebut kini pihak kepolisian setempat tinggal merampungkan pengaturan rekayasa lalu lintas di lokasi saat ajang tersebut digelar.

"Lintasan siap. Tinggal pengaturan rekayasa lantasnya," pungkasnya.



Simak Video "Kapolda Metro Pamerkan Logo Ajang Balap Liar Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)