Yamaha Luncurkan Motor Listrik, tapi Nggak Punya Jok

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 25 Mar 2022 14:56 WIB
Motor Listrik Yamaha Tanpa Jok
Foto: Motor Listrik Yamaha Tanpa Jok (Dok. Yamaha Motor)
Jakarta -

Yamaha Motor meluncurkan motor listrik terbaru Yamaha TY-E 2.0. Namun, motor ini tidak memiliki jok untuk pengendaranya. Kok bisa?

Ya, ini adalah motor trial. Motor trial (beda dengan motor trail untuk motocross) yang biasanya digunakan untuk medan offroad ini memang umumnya tidak dilengkapi dengan jok. Ridernya cenderung mengendarai motor ini sambil berdiri. Dengan motor trial, rider bisa beraksi di medan offroad seperti melompat-lompat dari rintangan satu ke rintangan lainnya.

Motor digunakan melompat-lompat di batu serta tebing curam (climbing dan downhill). Ketika digunakan, ridernya cenderung berdiri untuk menaklukkan medan ekstrem.

Yamaha mencoba menghadirkan motor trial TY-E 2.0 dengan penggerak listrik untuk mendukung netralitas karbon dari perspektif kesenangan berkendara motor. Yamaha berencana untuk menggunakan motor ini dalam beberapa putaran FIM Trial World Championship 2022.

Proyek untuk mengembangkan TY-E 2.0 sedang berlangsung sebagai salah satu pendekatan unik Yamaha untuk mencapai netralitas karbon. Di bawah konsep pengembangan FUN x EV, TY-E 2.0 bertujuan untuk memberikan lebih banyak kesenangan daripada motor bermesin bensin. Motor trial terbaru Yamaha ini memanfaatkan ciri-ciri unik kendaraan listrik, seperti torsi instan di putaran rendah dan akselerasi yang kuat.

Pengembangan TY-E 2.0 berdasarkan model TY-E pertama yang diumumkan pada tahun 2018. Motor listrik ini memanfaatkan rangka monokok baru yang terbuat dari laminasi komposit. Penggunaan rangka monokok itu memberikan bobot yang lebih ringan dan kekakuan yang optimal.

Motor Listrik Yamaha Tanpa JokMotor Listrik Yamaha Tanpa Jok Foto: Dok. Yamaha Motor

Rangkanya menampung unit daya listrik dengan kinerja yang ditingkatkan melalui kombinasi komponen mekanis dan kontrol elektronik. Motor trial ini juga memasang baterai ringan yang baru dikembangkan dengan kapasitas sekitar 2,5 kali lipat dari model sebelumnya. Tata letak unit daya dan baterai ditinjau dan direvisi untuk mencapai pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan model sebelumnya.

Berdasarkan model sebelumnya, traksi telah ditingkatkan dengan memasangkan bagian mekanis seperti kopling dan flywheel dengan kontrol elektronik yang disetel dengan cermat. Dengan begitu, motor ini mampu membaca perubahan cengkeraman.

TY-E 2.0 terbaru dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam FIM Trial World Championship mulai Juni tahun ini. Motor ini akan ditunggangi oleh Kenichi Kuroyama di Tim Balap Pabrik Yamaha, yang juga berperan sebagai pebalap pengembangannya. TY-E 2.0 juga akan dipamerkan di booth Yamaha Motor di Tokyo Motorcycle Show ke-49 yang diadakan pada 25-27 Maret.

Berikut spesifikasi Yamaha TY-E 2.0

Dimensi panjang, lebar, tinggi: 2.003 mm × 830 mm × 1.130 mm
Wheelbase: 1.310 mm
Ground Clearance: 340 mm
Bobot: 70 kg
Motor: AC synchronous electric motor
Tipe Baterai: Lithium-ion
Kopling: Hydraulic, Wet, Multi-plate
Rangka: CFRP Monocoque



Simak Video "Abis Lebaran, Motor Listrik Yamaha Bisa Dites Masyarakat!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)