Senin, 22 Apr 2019 08:18 WIB

Motor Trail CRF Listrik Unjuk Gigi, Suaranya Berdecit

Ridwan Arifin - detikOto
Honda CRF Listrik. Foto: Pool (electrec) Honda CRF Listrik. Foto: Pool (electrec)
Tokyo - Pada gelaran Tokyo Motorcycle Show 2019 kemarin, Honda memperkenalkan segmen motor trail yang terkena setruman listrik. CR Electric yang lahir dari keluarga CRF kala itu hanya dipamerkan, namun belum lama ini diuji coba langsung di trek off road.

Dari segi tampilan tidak ada yang berbeda dengan CRF versi internal combustion engine (ICE) alias bermesin bakar. Memang sekilas motor ini juga menggunakan garpu suspensi terbalik dari Showa dan ban off road seperti nyawa yang sudah ada pada CRF.



Bicara uji coba, melansir dari rideapart, CRF bertenaga listrik itu dikendarai oleh pria Jepang bernama Kazumasa Masuda. Pria tersebut bahkan sempat mengunggah video singkat aksi mengendarai Honda CR Electric di saluran Youtube Young Machine.

Honda sendiri belum menunjukkan angka yang pasti terkait performa CR Electric. Namun dari pengamatan video, tenaga yang dikeluarkan cukup mumpuni untuk melintasi jalan dengan medan tanah tersebut.



Dalam video, tenaga yang dikeluarkan agak terlihat berat di awal, pun demikian suara khas dari motor penggaruk tanah sudah hilang, berganti seperti suara motor elektrik lainnya, berdecit. Tak jadi soal memang, sebab Honda sendiri masih menyebutnya sebagai prototipe.

Diketahui sepeda motor CR Electric dikembangkan juga oleh divisi performa Honda, Mugen. Saat ini Mugen mungkin lebih dikenal dengan motor balap listrik Shinden yang bersaing di balapan listrik Isle of Man.

Honda saat ini tengah bersaing dengan beberapa pabrikan lainnya untuk mengembangkan sepeda motor listrik, sebut saja Yamaha dengan TY-E, atau bahkan Harley-Davidson telah lebih dulu terjun ke pasar lewat Livewire-nya.

[Gambas:Youtube]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com