Motor Kecil Harley-Davidson 350cc Makin Dekat ke Jalur Produksi

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 21 Mar 2022 14:09 WIB
QJ Motor kenalkan Harley-Davidson versi mungil 350cc yang disapa SRV.
Motor 350cc garapan QJ Motor dan Harley-Davidson. Foto: dok. Visordown
Jakarta -

Motor Haley-Davidson bermesin kecil tampaknya bakal segera masuk jalur produksi. Ya, motor itu terindikasi masuk dalam dokumen US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Motor itu merupakan kolaborasi antara Harley-Davidson dan pabrikan China Qianjiang. Qianjiang sebelumnya juga sudah pernah menjalin kerja sama untuk melahirkan motor Benelli dan motor mereknya sendiri.

Dilaporkan Motorcycle.com, identitas kendaraan (VIN) yang didaftarkan NHTSA oleh Qianjiang didaftarkan dengan kode '1HD'. Ini tentu memunculkan pertanyaan, pasalnya Qianjiang biasanya mendaftarkan kendaraan dengan kode awalan LBB.

Kode '1HD' diduga kuat merujuk pada motor Harley-Davidson. Ditambah lagi kode ini tampaknya menunjukkan bahwa project tersebut masih berjalan. Masih dalam kode file yang sama, terdapat angka '4' yang biasanya merupakan identifikasi motor dengan bobot menengah dan kapasitas antara 351-900 cc. Indikasi ini makin menguatkan bahwa Harley Davidson siap merilis motor dengan spesifikasi mesin kecil.

Harley-Davidson sebelumnya sudah berkecimpung menggarap motor dengan kapasitas lebih kecil yakni pada seri Street Cruiser 500cc dan 750cc.

Harley-Davidson sendiri sempat mengeluarkan pernyataan terkait produksi motor kecil dari kerja samanya dengan Qianjiang ini. Disebut pabrikan moge asal Negeri Paman Sam itu, belum ada rencana merilis motor dengan kapasitas lebih kecil.

"Sampai saat ini, perusahaan belum meluncurkan motor premium dengan kapasitas lebih rendah dari kolaborasi ini karena ada persyaratan, peraturan, dan faktor lainnya," tulis Harley-Davidson belum lama ini.

Rumor soal motor Harley-Davidson bermesin kecil ini sebenarnya sudah santer terdengar sejak dua tahun silam. Namun nyatanya hingga saat ini belum ada motor Harley yang dijual dengan mesin di bawah 500cc.

Melansir laman Harley-Davidson, motor berkapasitas 500cc itu adalah Cruiser Iron 883. Motor itu dijual mulai USD 11.249 atau setara dengan Rp 161 jutaan.



Simak Video "Asyik! Harley-Davidson Model 2022 Siap Mengaspal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)