'Dokter' Harley asal RI di AS Latih Anak Indonesia Oprek Moge

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 21 Feb 2022 11:37 WIB
Jakarta -

Dokter Harley-Davidson asal Indonesia yang kini berkiprah di California, Amerika Serikat, Boyke Soerianta tak pelit ilmu. Pria yang telah berkarier selama 16 tahun di Harley-Davidson Motorcycle Company (HDMC) Amerika Serikat ini melatih anak-anak Indonesia untuk mengoprek motor gede (moge).

Boyke telah malang melintang dalam mengoprek moge Harley-Davidson. Bukan tanpa perjuangan yang ringan untuk Boyke yang kini telah menjadi master teknisi Harley-Davidson di Amerika, Boyke harus melewati proses pendidikan di Sacramento City Collage dengan Subject of Motorcycle Technology selama 3 tahun. Pendalaman tentang Harley-Davidson ia lalui selama 2,5 tahun di Motorcycle Mechanic Institute (MMI) sebuah perguruan tinggi yang khusus membahas tentang otomotif yang hanya ada 1 di dunia. Gelar Phd Certified Tech dan juga Master Technician berhasil dia dapatkan.

Putra Pasundan yang besar di Bandung tersebut mensyukuri hal itu dengan berbagi kepada orang lain. Ia mendirikan sekolah online mekanik Harley-Davidson yang diberi nama SOKB atau Sekolah Online Kang Boyke. Para peserta dari berbagai wilayah di Indonesia diberikan pembekalan skill otomotif dari manual book asli Harley-Davidson.

"Jika kita melihat data penduduk Indonesia pada tahun ini sebanyak 270 juta jiwa dan yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari 100 juta unit kendaraan bermotor, dengan tingkat pembelian rata-rata per tahun sebanyak 6 juta unit di seluruh Indonesia, tentunya bangsa ini memerlukan mekanik-mekanik yang andal yang tersebar merata di 34 provinsi di Indonesia, perenungan inilah yang salah satunya mendasari sebuah kegiatan baik dilakukan dalam bentuk sekolah mekanik online di masa Pademi, dan ini diberikan free atau tanpa biaya," kata Boyke dalam keterangan tertulis.

Tak cuma belajar secara online, para peserta juga mengikuti kelas praktik. Belum lama ini, program SOKB memasuki kelas praktik pertama di ProStock, salah satu bengkel Harley-Davidson di Jakarta milik salah satu siswa SOKB, Dwi Gareng. Kelas praktik dibatasi hanya 15 siswa. Namun, sekolah mekanik moge yang dibentuk Boyke kini telah memiliki 500 siswa lebih dari berbagai latar belakang profesi seperti pelajar SMK otomotif, Pilot, TNI, owner bengkel sampai dengan beberapa profesi yang bekerja di Jepang, Australia, Malaysia dan negara lainnya. Sebanyak 500 siswa tersebut terdata di 25 provinsi di Indonesia.

Dokter Harley Asal RI Latih Anak-anak Indonesia Oprek MogeDokter Harley Asal RI Latih Anak-anak Indonesia Oprek Moge Foto: Dok. SOKB

Adapun materi yang dipelajari dalam kelas praktik mekanik antara lain Basic Mechanic Tools, Special Tools dan Spesific Tools, pengenalan jenis-jenis motor Harley-Davidson, pengenalan mesin dan part, serta penjelasan dasar SOP dalam pelayanan servis motor.

Praktik Mechanic Trainning selanjutnya akan diadakan di Bandung pada Maret 2022. Boyke membuka kesempatan kepada anak-anak Indonesia yang ingin belajar menjadi mekanik moge Harley-Davidson.

"SOKB diberikan free untuk seluruh siswa di 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Bayarlah dengan semangat belajar dan kebersamaan yang indah di SOKB, karena SOKB adalah wadah kita bersama, yang mempunyai rasa cinta yang besar akan bangsa ini. SOKB akan membentuk sebuah ekosistem baru di dunia otomotif Indonesia yang menyebar di 34 Provinsi di Indonesia," pungkas Boyke.

(rgr/din)