Tunggangi Kawasaki H2 Bakal Anti Pegal Pergelangan Tangan dan Bisa Terhindar Tabrakan

team detikOto - detikOto
Sabtu, 19 Feb 2022 09:28 WIB
Kawasaki Z H2 di Tokyo Motor Show
Ilustrasi Kawasaki H2 Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Kawasaki terus melakukan inovasi pada setiap variannya, untuk kali ini Kawasaki bakal lebih memanjakan pengendaranya dengan menyelipkan teknologi cruise control. Artinya setiap pengendara gak perlu pegel untuk terus menarik gas untuk bisa melaju.

Dikutip visordown, Kawasaki sudah mematenkan teknologi terbaru Cruise Control dan fitur lainnya mereka pada varian H2 SX. Fitur yang disapa Radar Guide atau Cruise Control ini dikatakan jawaban Kawasaki untuk bisa bersaing dengan pabrikan roda dua lainnya.

Fitur radar atau cruise control ini memang bukan Kawasaki saja yang miliki, karena BMW R1250 RT, KTM 1290 Super Adventure dan Ducari Multistrada V4 sudah lebih dahulu memilikinya yang diperkenalkan pada EICMA 2021.

Dalam hak paten yang diajukan Kawasaki, sistem radar berfungsi berkat penggunaan kamera kecil, yang terselip pada bagian lampu. Kamera ini akan mampu mengatur kecepatan dan memberikan situasi yang ada di depan kendaraan.

Kawasaki Z H2 di Tokyo Motor ShowIlustrasi Kawasaki Z H2 di Tokyo Motor Show Foto: Rangga Rahadiansyah

Radar ini dikatakan akan mampu memberi gambaran digital tentang kondisi jalan yang ada di depan. Selanjutnya kamera ini dapat menghitung jarak dan kecepatan kendaraan yag ada di depan, yang memungkinkan kamera bisa mendeteksi ketika kendaraan di depan mulai melambat. Akan tetapi kamera ini dijelaskan, belum dapat mendeteksi lampu rem yang menyala, atau lampu depan kendaraan yang melaju jauh di kejauhan.

Dengan kelebihan dapat mendeteksi cahaya, radar ini menawarkan keuntungan sepersekian detik saat bereaksi terhadap kendaraan di depan yang mulai melambat. Keuntungan kecil dalam situasi seperti itu bisa menjadi perbedaan antara berhenti di jarak aman dan menghindari tabrakan.

Sayang tidak dijelaskan kapan sistem kamera ini akan benar-benar tersaji pada Kawasaki H2 XV, meski demikian sudah tergambar ke depannya sepeda motor bakal jauh lebih bagus.



Simak Video "Kejutan! Selamat Datang Kawasaki KLX 230S dan Supermoto"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)