ADVERTISEMENT

Harga Pepet Avanza, Beli Yamaha MT-09 hingga TMAX DX Belum Tentu Ready Stock

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 13 Feb 2022 12:08 WIB
Yamaha MT-09 menawarkan kenyamanan yang diklaim bakal buat jatuh hati pencintanya. Yuk, lihat lebih dekat foto-foto penampakannya.
Motor CBU Yamaha Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Motor gede (moge) Yamaha belum diproduksi secara lokal. Otomatis bagi yang tertarik dengan moge-moge Yamaha perlu masuk antrean calon konsumen motor Completely Built Up (CBU).

Manager Public Relation, YRA & Community YIMM, Antonius Widiantoro mengatakan sepeda motor impor secara utuh perlu waktu lebih panjang. Terutama terkait kuota impor, perizinan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT), hingga homologasi sesuai aturan berlaku di Indonesia.

"Kita perlu planning yang matang, karena ini import harus kita perhitungkan motor apa yang mau kita import di-request ke pemerintah izinnya," kata Anton saat ditemui di Bogor beberapa waktu yang lalu.

"Kita mau import misalnya MT-07 dan MT-09, sekian unit. Kita sebelum masukkan ini harus homologasi, kalau sudah oke, baru kita masukkan sesuai jumlah yang kita request," tambah dia.

Tidak menutup kemungkinan inden bisa mengular panjang, bahkan tidak bisa memastikan kapan motor akan sampai ke garasi konsumen.

"Nggak bisa estimasi berapa (waktu inden), karena inden sekarang tapi kalau nggak masuk kuota impor, nggak masuk dalam request, nggak bisa masukin kan. Karena setiap motor yang masuk harus homologasi," jelas Anton.

Saat ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) empat motor CBU yang harganya mepet-mepet dengan mobil Low MPV hingga Low SUV di Indonesia, di antaranya TMAX-DX Rp 320 juta, MT-07 Rp 243 juta, MT-09 Rp 290 juta, dan paling murah WR250R Rp 97 juta.

Lalu bagaimana kalau berminat ingin meminangnya? Apalagi unitnya belum tentu ready stock atau tersedia. Bahkan, motor biasanya sudah sold out karena pesanan di tahun sebelumnya.

"Jumlahnya terbatas dengan kuota impor, dan ketersediaan unitnya di-confirm. Misalkan di dealer CBU, harus tanya ke situ, unit ini ada atau tidak, ada yang sudah sold out, kayak MT-09 ya. Itu 2021 kemarin, 2022 belum ada informasi produk apa yang akan kita impor," ujar Anton.

"Kalau ada konsumen menginginkan coba dikomunikasikan dengan dealer yang CBU. Itu akan masuk ke dalam pertimbangan, apakah kita akan mengimpor lagi atau tidak," tutup Anton.



Simak Video "Tampang Nmax Roda Tiga Meluncur di Eropa, Masuk Indonesia Nggak?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT