Anak Elang Luncurkan Harley-Davidson Model 2022, Ini Daftar Modelnya

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 31 Jan 2022 08:46 WIB
Jakarta -

Dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia, Anak Elang Harley-Davidson, resmi meluncurkan Harley-Davidson Model Year (MY) 2022 pada hari Sabtu, 29 Januari 2022. Line up baru Harley-Davidson ini diluncurkan bersama dengan peringatan ulang tahun Anak Elang Harley-Davidson yang ke-5.

"Peluncuran Harley-Davidson MY 2022 serentak dilakukan live secara online pada 26 Januari 2022 pukul 23.00 WIB. Untuk kenyamanan karena perbedaan waktu, kami memutuskan melakukan peluncuran model terbaru Harley-Davidson bertepatan hari jadi Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta yang ke-5 tahun yaitu pada 29 Januari 2022," papar Suherli, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta dalam keterangan resminya (30/1/2022).

Acara peluncuran dengan tema "Further Faster with Anak Elang Harley-Davidson" ini dilangsungkan di Showroom Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa perwakilan bikers menghadiri acara ini, mulai Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter, HDCI, Police Owners Group (POG), B'Brothers (Bintaro) dan Freedom Community (FOC).

Harley Davidson 2022Harley Davidson 2022 Foto: Dok. Anak Elang Harley-Davidson

Harley-Davidson Model Year 2022

Di tahun 2022, salah satu kejutan adalah hadirnya mesin baru yaitu All New Revolution Max di pasar Indonesia. Sebelumnya mesin ini dikenalkan melalui motor adventure milik Harley-Davidson yang diluncurkan pada tahun 2021, Pan America dan Sportster S.

Jajaran Harley-Davidson model tahun 2022 yang akan masuk ke pasar Indonesia adalah dari tipe motor touring terdapat Road King Special, Road Glide Special, Street Glide Special dan Ultra Limited. Sedangkan pada tipe Cruiser terdapat Softail Standard, Street Bob 114, Fat Bob 114, Breakout 114, dan Fat Boy 114.

Sportster S yang masuk dalam keluarga sport Harley-Davidson mengusung mesin baru Revolution Max 1250T. Motor ini telah menggunakan lampu LED, dengan knalpot atas (high mount exhaust), ABS dan traction control, dengan beberapa pengaturan berkendara (Ride Modes), serta dilengkapi layar 4 inci dan koneksi Bluetooth serta peta navigasi. Sportster akan hadir dalam warna vivid black, mineral green metallic, dan white sand pearl.

Tipe Softail Standard merupakan entry level untuk tipe motor Cruiser atau Softail. Motor yang menggunakan Milwaukee Eight Powertrain ini diklaim cocok bagi para biker yang gemar memodifikasi motor. Untuk tahun 2022, tipe ini hanya akan beredar di Indonesia dengan warna Vivid Black.

Sejak tahun 2021, tipe Street Bob 114 mulai menggunakan mesin Milwaukee Eight 114 kubik (1.898 cc), yaitu naik kelas dari sebelumnya yaitu 107 kubik di 2020. Untuk model 2022, Street Bob tampil gagah dengan grafik baru, serta velg anyar yaitu Annihilator Wheels. Street Bob akan hadir dalam empat pilihan warna yaitu Vivid Black, Gauntlet Gray, Redline Red, dan Fastback Blue. Dua tipe warna terakhir merupakan warna yang sama sekali baru.

Harley Davidson 2022Harley Davidson 2022 Foto: Dok. Anak Elang Harley-Davidson

Fat Bob 114 tampil dengan desain grafik baru yang sangat mengundang pandangan mata pada bagian tangki. Fat Bob menggunakan tipe garpu terbalik yang merupakan race-style fork technology serta knalpot model 2-1-2. Motor yang mengusung mesin Milwaukee Eight 114 kubik ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Vivid Black, Gunship Gray, dan White Sand Pearl.

Fat Boy 114 masih mengusung mesin Milwaukee Eight 114 kubik. Namun untuk tahun 2022, Fat Boy menggunakan velg Lakester gaya baru yaitu dilengkapi ventilasi. Empat tipe warna dihadirkan untuk tipe Fat Boy yaitu Vivid Black, Midnight Crimson/Vivid Black, Mineral Green Denim, dan Reef Blue.

Model Breakout 114 disinyalir tak lagi beredar di pasar global, dan hanya di tahun 2022 ini masih dapat dimiliki di pasar Asia. Motor ini memakai Gasser II Cast Aluminium Wheels dengan velg 18 inci pada bagian belakang serta 21 inci pada bagian depan yang memberikan kesan gagah. Breakout 114 dibekali mesin Milwaukee Eight 114 kubik, dan memiliki varian warna Vivid Black, Gauntlet Gray Metallic, serta Mineral Green Metallic.

Dari keluarga Touring, Road King Special yang menggunakan mesin Milwaukee Eight 114 kini menggunakan Prodigy Wheels dan lampu LED Bright White Daymaker. Road King juga dilengkapi dengan Reflex Linked Brembo Brakes dengan ABS. Tiga varian warna yang gagah dapat dipilih untuk tipe Road King Special yaitu Vivid Black, Midnight Crimson, dan Mineral Green Denim.

Ultra Limited 2022 mengusung mesin Twin-Cooled Milwaukee Eight 114, serta didesain untuk pengalaman touring yang luar biasa. Tipe ini dilengkapi dengan Reflex Defensive Rider Systems (RDRS), BOOM! BOX GTS, Electronic Cruise Control serta Premium Tour-Pak. Motor touring ini hadir dalam empat warna yaitu Vivid Black, Midnight Crimson/Vivid Black, Gauntlet Gray Metallic, dan Reef Blue/Vivid Black, semua dalam Chrome Finish.

Harley Davidson 2022Harley Davidson 2022 Foto: Dok. Anak Elang Harley-Davidson

Road Glide Special yang merupakan motor tipe touring terlaris di Indonesia dengan mesin Milwaukee Eight 114 dan sharknose fairing. Road Glide Special dilengkapi dengan BOOM! BOX GTS Infotainment System dan Reflex Linked Brembo Brakes dengan ABS. Di model tahun 2022, Road Glide Special hadir dengan pilihan warna Vivid Black, White Sand Pearl, Gunship Gray, dan Reef Blue/Vivid Black, semuanya hadir dalam Chrome maupun Black Finish. Sedangkan untuk warna Black Denim hadir dalam Chrome Finish, dan Redline Red hanya hadir dalam Black Finish.

Motor touring Street Glide Special 2022 hadir dengan mesin Milwaukee Eight 114 dan dilengkapi BOOM! BOX GTS Infotainment System dan Reflex Linked Brembo Brakes dengan ABS. Dalam Chrome maupun Black Finish, Street Glide Special 2022 diluncurkan dalam empat warna, Vivid Black, White Sand Pearl, Gunship Gray, dan Midnight Crimson/Vivid Black. Untuk warna Black Denim hanya ada Chrome Finish, sedangkan Redline Red dalam Black Finish.

Secara global Harley-Davidson meluncurkan beberapa model baru yang menggunakan mesin Milwaukee Eight 117 seperti dalam Low Rider S, Low Rider ST, Road Glide ST dan Street Glide ST. Motor Harley-Davidson tipe CVO atau Custom Vehicle Operations pun hadir di model tahun 2022 yaitu CVO Road Glide, CVO Street Glide dan CVO Road Glide Limited. Sayangnya baik tipe ST dan CVO ini belum akan masuk ke pasar Indonesia.

"Sejak akhir tahun lalu para customer Anak Elang Harley-Davidson telah menanyakan MY 2022, bahkan untuk motor baru Sportster S sudah mulai dipesan pada pertengahan Desember 2021. Hari ini, Harley-Davidson MY 2022 resmi diumumkan, termasuk tipe dan warna apa saja yang akan ada di pasar Indonesia," jelas Raka Herza, Direktur Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.

Untuk pemesanan hingga akhir Januari 2022, Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta memberikan bonus berupa Slip-On Muffler untuk semua tipe. Melihat promosi ini, lebih dari 10 biker lantas melakukan pemesanan. Model baru Sportster S mendominasi tipe motor yang diminati, diikuti Fat Boy serta dari keluarga motor touring yaitu Road King Special, Road Glide Special dan Street Glide Special.

(lua/rgr)