Yamaha Fazzio Terjual 1.000 Unit Dalam 5 Jam, Honda Scoopy Harus Waspada!

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 09:41 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid Connected menggairahkan pasar skutik retro modern di Tanah Air. Kehadirannya bisa mengusik kompetitor terdekatnya, Honda Scoopy.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membeberkan data penjualan pada hari peluncuran Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Disebutkan respon konsumen yang melakukan indent online melalui market place Blibli sebanyak 1.000 unit pertama dalam waktu kurang dari 5 jam.

"Kami mengucapkan terima kasih atas respon positif dan antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu besar terhadap produk terbaru Yamaha Fazzio Hybrid - Connected," ujar Antonius Widiantoro, Manajer Public Relation & YRA, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam keterangan resminya, Rabu (19/1/2022).

Seperti diketahui Yamaha tidak menyebut jumlah target ataupun angka terkait Fazzio. Sedangkan kompetitornya, Scoopy membidik penjualan mulai 70 ribu - 80 ribu unit per bulannya.

Guna menggoda konsumen Indonesia, Yamaha Fazzio ini membawa sejumlah teknologi kekinian pada motor berkapasitas 125 cc itu.

Dari segi keamanan, seluruh tipe Yamaha Fazzio Hybrid - Connected telah menggunakan Smart Key System, sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Fitur demikian juga sudah tersedia pada Honda Scoopy.

Tapi yang menjadi keunggulan dari Fazzio dan belum ditemukan pada kompetitornya ialah Yamaha Motorcycle Connect untuk terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-Connect.

Selain desain yang segar untuk pasar Indonesia, Fazzio Hybrid Connected juga dilengkapi dengan mesin Blue Core Hybrid.

Sederhananya, Yamaha menjelaskan teknologi hybrid ini bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai. Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Di atas kertas Fazzio Hybrid sudah mengusung mesin 125 cc satu silinder dengan daya maksimum 6,2 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Varian dan harga

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu Fazzio Lux dengan tampilan warna elegan dan Fazzio Neo dengan tampilan warna sporty.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected Neo dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp 21.700.000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Lux dengan tampilan matte seharga Rp 22,000.000 OTR Jakarta.

Sedangkan Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Berikut daftarnya:

- Scoopy Fashion Rp. 20.475.000
- Scoopy Sporty Rp. 20.475.000
- Scoopy Prestige Rp. 21.275.000
- Scoopy Stylish Rp. 21.275.000



Simak Video "Yamaha Fazzio Pakai Teknologi Hybrid, Apa Keunggulannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)