Tantang PCX Electric, Motor Listrik Mirip Nmax Jadi Masuk Indonesia Tahun 2022?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 19 Jan 2022 11:07 WIB
Skuter listrik Yamaha E01 mulai diuji coba
Yamaha E01 Foto: Response
Jakarta -

Yamaha belum juga memasarkan produk motor listriknya untuk konsumen Indonesia. Tapi berdasarkan penuturan Chief Excecutive Officer, Yamaha Motor Co, Yoshihiro Hidaka, ada rencana memasarkan motor listrik di wilayah Eropa, Jepang, China, Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Dikutip dari laporan Bloomberg yang lalu, Yoshihiro Hidaka membocorkan pihaknya akan menawarkan skuter listrik kecil di wilayah Eropa. Sedangkan skuter listrik skala sedang menggunakan sistem sewa atau rental di wilayah Eropa, Jepang, China, Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Dua motor yang bakal masuk jalur produksi pernah dipamerkan dalam Tokyo Motor Show 2019, yakni E01 dan E02.

Saat dikonfirmasi, pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum tahu terkait rencana pengembangan pasar motor listrik di Tanah Air.

Yamaha E01Yamaha E01 Foto: Yamaha

"Belum ada informasi resmi dari Yamaha Indonesia, Hidaka memberikan statement secara global, apakah akan jalan di Indonesia, kapan, saya juga belum tahu," kata Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, di Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.

Anton menambahkan, pihaknya tidak menutup mata akan keniscayaan motor listrik. Tapi menurutnya perlu ada transisi teknologi lebih dulu. Kehadiran Fazzio Hybrid Connected menjadi langkah awal buat Yamaha.

"Jika melihat blueprint pemerintah, dan tren sekarang di mana eco friendly menjadi issue atau penggunaan BBM fossil harus dikurangi penggunaannya. Kita mendukung kok, pemerintah itu," kata Anton.

"Hybrid dan EV sesuatu yang semakin familiar buat konsumen sekarang. Nah Yamaha ingin membuat smooth shifting sebenarnya. Smooth shifting dari teknologi konvensional bahan bakar masuk ke hybrid. Kita nggak tau nanti apakah ke depannya ada atau tidak (motor listrik, Red), tetapi smooth shifting ini kita rencanakan supaya konsumen itu punya pemahaman yang semakin baik," tutur Anton.

Yamaha melangkah maju dengan uji prototipe skuter listrik Yamaha E01. Pengujian ini dilakukan langsung di Jepang. Tampak skuter listrik ini dilabur dengan stiker kamuflase di sekujur bodinya. Tapi itu tidak menutupi fakta bahwa skuter tersebut adalah motor listrik Yamaha.

Secara umum, Motor ini punya sedikit kemiripan dengan Yamaha Nmax, misalnya lekukan bodi yang gambot serta pada bagian kaki-kaki yang bongsor. Tapi buritan desainnya lebih lancip dan terlihat futuristik.

Secara dimensi motor listrik Yamaha E01 ini memiliki ukuran panjang 1.960 mm x lebar 810 mm, tinggi 1.190 mm. Sebagai pembanding, Yamaha Nmax terbaru memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm.

Belum banyak informasi yang bisa didapatkan dari Yamaha E01, soal performa misalnya E01 merupakan salah satu komuter listrik perkotaan dengan performa yang sebanding dengan mesin skutik 125cc.

Jika nantinya diluncurkan, maka Yamaha E01 akan menjadi penantang sepadan bagi skuter Honda PCX Electric. Honda PCX Electric sudah dipasarkan di Jepang, bahkan juga sudah masuk ke Indonesia sebagai kendaraan fleet yang hanya disewakan.



Simak Video "Tantang PCX Electric! Yamaha Perkenalkan Dua Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)