Sama-sama Rp 20 Jutaan, Pilih Honda Scoopy atau Yamaha Fazzio?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 20 Jan 2022 06:16 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pilihan motor skutik bergaya retro modern semakin ramai berkat kehadiran All New Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Kemunculannya diprediksi bisa menjadi lawan tangguh bagi Honda Scoopy.

Kedua motor ini sama-sama menggoda anak muda. Sebenarnya Yamaha Fino sudah bertarung lebih dulu di kelas ini untuk melawan Honda Scoopy, tapi Yamaha menyebut Fazzio berada di kategori baru "Classy".

Bagi kamu yang memiliki budget Rp 20 jutaan dan sedang menimbang antara Honda Scoopy atau Yamaha Fazzio? berikut ini komparasinya.

Desain

Bicara desain memang selera masing-masing konsumen, namun kedua motor ini punya garis bahasa yang sama, yakni retro modern.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki kesan body membulat pada bagian depan. Lalu mengotak atau boxy pada bagian belakang di mana mengingatkan dengan tampilan Yamaha Qbix yang masuk lewat importir umum.

Penggunaan batok lampu depan yang membulat sukses bikin Yamaha Fazzio kental dengan aura motor Eropa. Turun ke bawah ada lampu sein sisi kiri-kanan cover depan body dengan bentuk oval. Pencahayaan lampu utama sudah LED namun untuk seinnya masih menggunakan bohlam.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Sementara lawannya, Honda Scoopy juga kental dengan aura retro modern.

Soal tampilan, lampu depan dan belakang All New Honda Scoopy mendapat desain terbaru berbentuk oval dengan kombinasi sistem pencahayaan LED projector.

Generasi ke-5 Honda Scoopy.Generasi ke-5 Honda Scoopy. Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Bentuk tubuh dengan lekukan S khas Scoopy tentu masih dipertahankan.

Dimensi, berat, dan kapasitas tangki

Secara dimensi Fazzio punya ukuran panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.125 mm. Tempat duduknya juga ramah dengan tinggi rata-rata orang Indonesia, Fazzio punya ground clearance 135 mm. Sementara bobotnya hanya 95 kg dengan kapasitas tangki bensin 5,1 liter.

Melirik dimensi Honda Scoopy, tubuhnya tetap kompak di mana motor ini punya panjang 1.864 mm, lebar 683 mmm, dan tinggi 1.075 mm. Jarak terendah ke tanah adalah 145 mm. Sedangkan bobot dari Honda Scoopy diketahui 95 kg dan 94 kg (tipe Smartkey).

Sementara bicara kapasitas tangki, Honda Scoopy ternyata lebih kecil dari Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Motor 110 cc ini bisa menampung 4,2 liter, sedangkan kompetitornya Fazzio 5,1 liter.

Kepraktisan dan akomodasi

Kedua motor ini sama-sama dibekali Smart Key Sistem untuk tipe terbaru (tipe Smart Key) yang hadir terintegrasi dengan Answer Back System.

Selain itu, antaran Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio dibekali USB Charger model terbaru pada console box untuk pengisian baterai ponsel secara praktis tanpa tambahan adapter.

Honda luncurkan Scoopy generasi ke-5.Bagasi Honda Scoopy Foto: PT Astra Honda Motor (AHM)

Untuk menunjang mobilitas sehari-hari perlu ditunjang akomodasi, Honda Scoopy memiliki bagasi dengan luas sebesar 15,4 liter, sementara Yamaha Fazzio diketahui punya akomodasi lebih luas hingga 17,8 liter.

Kepraktisan lain, Fazzio dibekali sistem double hookcarabiner atau gantungan ganda seperti di Yamaha Gear 125. Sedangkan Scoopy juga punya pengait barang di bawah setang.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Fitur-fitur

Pada Honda Scoopy punya fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Sedangkan Fazzio juga dibekali dengan Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan setelah 5 detik sehingga lebih menghemat bahan bakar.

Menariknya Fazzio sudah dibenamkan teknologi Y-Connected yang bisa terintegrasi dengan smartphone.

Yamaha Fazzio Hybrid ConnectedYamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin

Kapasitas mesin

Masuk ke dapur pacu, Honda Scoopy memakai mesin injeksi 110cc enhanced Smart Power (eSP) berpendingin udara. Mesin yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis ini dapat menghasikan tenaga 6,6 kW / 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm / 5.500 rpm.

Sementara Fazzio Hybrid sudah mengusung mesin 125 cc satu silinder dengan daya maksimum 6,2 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Sederhananya, Yamaha menjelaskan teknologi hybrid ini bisa mendapatkan akselerasi awal yang bertenaga dan halus dengan power assist yang bersumber dari baterai. Tarikan awal itu terbantu selama 3 detik pertama dari 2 sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start, yang diklaim bermanfaat saat membawa penumpang, barang, dan jalan menanjak.

Varian dan harga

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu Fazzio Lux dengan tampilan warna elegan dan Fazzio Neo dengan tampilan warna sporty.

Yamaha Fazzio Hybrid Connected Neo dengan tampilan warna glossy dipasarkan dengan harga Rp 21.700.000 OTR Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Lux dengan tampilan matte seharga Rp 22,000.000 OTR Jakarta.

Sedangkan Honda Scoopy ditawarkan dengan 4 varian yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish. Berikut daftarnya:

- Scoopy Fashion Rp. 20.475.000
- Scoopy Sporty Rp. 20.475.000
- Scoopy Prestige Rp. 21.275.000
- Scoopy Stylish Rp. 21.275.000



Simak Video "Laris! Yamaha Fazzio Sudah Laku Nyaris 2.000 Unit di Jateng"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)