Bukan buat Jegal Honda Scoopy, Siapa Lawan Yamaha Fazzio di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 12:31 WIB
Yamaha Fazzio Hybrid Connected
Yamaha Fazzio Hybrid Connected Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Yamaha Fazzio Hybrid Connected mendobrak pasar otomotif Tanah Air dengan teknologi kekinian. Well, bisa dibilang Fazzio bisa menjadi lawan tangguh buat Honda Scoopy.

Seperti diketahui, Fazzio dilengkapi fitur unggulan untuk menggoda konsumen Indonesia. Mulai dari sistem hybrid hingga Y-Connect.

Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan Fazzio berada di segmen baru Classy. Melirik fitur dan harga, posisinya berada di atas Yamaha Fino, yang pernah menantang lebih dulu Honda Scoopy.

Kehadiran Fazzio Hybrid Connected dengan sejumlah fitur yang ditawarkan dirasa menjadi cara pabrikan berlambang garpu tala ini untuk mengusik kehadiran Honda Scoopy. Bagaimana tanggapan Yamaha?

"Nggak bisa juga dikatakan seperti itu (menjegal Scoopy, Red). Siapa pun brand-nya, apa pun produknya, artinya dengan semakin banyaknya produk yang ada bisa membuat pilihan konsumen lebih banyak. Finally mereka akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan teknologi yang diharapkan, sesuai dengan karakter, sesuai dengan budget. Nah, itu ujung-ujungnya konsumen akan memilih," ujar Anton saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (17/1/2022).

Seperti diketahui Yamaha Fazzio Hybrid Connected dan Honda Scoopy sama-sama mengincar kawula muda. Desain retro modern dengan tarikan garis bulat bikin keduanya bisa disejajarkan.

Memang kalau diadu spek mesinnya tidak head to head, sebab Scoopy masih mengusung kapasitas 110 cc sedangkan Yamaha Fazzio sudah 125 cc.

"Motor berkelas tidak harus mahal, karena teknologi terus berkembang," kata Anton.

Lebih lanjut, kedua motor ini berada direntang harga yang mepet-mepet. Honda Scoopy misalnya, saat ini dijual mulai dari Rp 20.475.000 (Fashion dan Sporty) dan Rp 21.275.000 (Prestige dan Stylish). Sedangkan Yamaha Fazzio Hybrid Connected dilego mulai Rp 21.700.000 (NEO) dan Rp 22.000.000 (LUX).

Nah, selain Scoopy siapa lagi lawan terdekat Fazzio? Seperti diketahui lawan terdekat lainnya ialah Benelli Panarea. Skuter klasik modern itu juga mengusung mesin 125 cc, namun banderolannya tembus Rp 25 jutaan. Kemudian Vespa diketahui juga memiliki LX 125 i-Get dengan harga jual nyaris Rp 40 juta di wilayah Jakarta.

Simak Video 'Yamaha Fazzio Pakai Teknologi Hybrid, Apa Keunggulannya?':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/rgr)