ADVERTISEMENT

Kenapa Harga Vespa Matic Bekas Stabil atau Bahkan Naik?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 10 Jan 2022 12:48 WIB
Dealer Vespa matic bekas Vescooter
Ilustrasi Vespa matic bekas yang dijual oleh Vescooter Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik
Jakarta -

Vespa matic kini tak hanya dijadikan sebagai kendaraan, namun juga dijadikan barang koleksi. Pada edisi tertentu, harga Vespa matic dalam status bekas justru melonjak tinggi atau istilahnya 'kegoreng'. Lantas kenapa fenomena ini bisa terjadi?

Berbicara soal harga Vespa yang 'kegoreng', pada pertengahan tahun 2021 lalu, detikOto pernah meliput dan menyaksikan proses lelang Vespa 946 edisi Christian Dior yang laku hingga Rp 1,35 M. Hal ini membuktikan, bahwa dalam edisi tertentu, harga Vespa matic bekas justru lebih tinggi dari harga barunya.

Salah satu dealer spesialis Vespa matic bekas di Depok, Jawa Barat mengatakan fenomena ini sudah terjadi sejak lama dan lumrah di dunia Vespa. Menurut mereka, hal ini terjadi karena adanya permintaan yang tinggi di pasaran, namun supply-nya tidak terlalu banyak.

"Jadi sebenarnya yang kayak gitu, untuk di Vespa matic sendiri terjadi di edisi terbatas," ucap Wahyu Ismianto, Head of Sales and Marketing Vescooter kepada detikOto.

"Contohnya konsumen gue sendiri itu, dia bilang di Kalimantan ada Vespa edisi khusus yang cuma ada 8 unit di Kalimantan. Makanya untuk tipe tertentu itu, harga pasaran (bekasnya) bisa lebih tinggi dari barunya," lanjutnya.

Selain itu, menurut Vescooter, harga Vespa matic sendiri cenderung stabil dalam versi bekasnya. Dalam arti lain, harga jual Vespa matic bekas tak terlalu jauh dari harga barunya.

"Memang untuk semua di otomotif ada yang namanya depresiasi harga. Tapi untuk depresiasi harga Vespa itu, beda dengan yang lain. Biasanya ada yang sampai 50%, tapi kalau di Vespa matic itu maksimal banget di 20% untuk pemakaian yang wajar," papar Wahyu.

"Dari awal 2016 sampai sekarang masih kayak gitu," lanjutnya.

Saat ini di pasaran, harga Vespa matic dalam status bekas cukup beragam. Termurah ada di model LX 125 dan S 125 dengan konfigurasi mesin 3V. Vespa tersebut terpantau masih berkisar Rp 25 jutaan hingga Rp 27 jutaan dalam status bekas di model lansiran 2014 hingga 2015.

Simak Video 'Vescooter, Dealer Spesialis Vespa Matic Bekas di Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT