ADVERTISEMENT

Inikah Sport Adventure 150 cc Penantang Honda CB150X dari Yamaha?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 27 Des 2021 08:14 WIB
Yamaha Crosser 150
Yamaha Crosser 150. Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Yamaha Brasil resmi merilis motor sport adventure 150 cc terbaru dengan nama Yamaha Crosser 150. Melihat konsepnya, apakah motor ini bakal bersaing dengan motor terbaru Honda CB150X?

New Yamaha Crosser 150 resmi meluncur di Brasil. Motor ini mengusung cita rasa sport adventure dengan desain dan spesifikasi teknis yang ditawarkan.

Jika dilihat secara eksterior, motor ini tampak seperti naked sport yang dikombinasi dengan desain motor trail. Cirinya, motor dibuat lebih tinggi dan juga sudah menggunakan velg jari-jari. Selain itu, posisi knalpot pun dibuat tinggi dan menempel di samping bodi kiri.

Yamaha Crosser 150Yamaha Crosser 150 Foto: Dok. Yamaha

Melengkapi tampilan ala sport adventure, disematkan detail desain seperti paruh pada bagian depan headlamp. Oiya, untuk sistem pencahayaannya masih pakai lampu bohlam biasa, baik untuk lampu utama maupun lampu sein.

Bicara spesifikasi dapur pacu, Yamaha Crosser 150 hadir dengan mesin 149 cc, SOHC, 1 silinder, 4-tak, berpendingin udara yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 12,2 dk dan torsi maksimum 12,74 Nm. Mesin itu ditenagai transmisi manual 5-percepatan.

Motor ini memiliki tangki bahan bakar mencapai 12 liter, berat 134 kg, tinggi jok 845 mm, roda depan ukuran 19 inci dan roda belakang 17 inci. Adapun bannya menggunakan Metzeller Tourance dan sudah memiliki sistem pengereman cakram yang dikombinasi fitur ABS (Anti-lock Braking System). Suspensi depan motor ini masih pakai model teleskopik dan suspensi belakangnya pakai monoshock dengan model lengan ayun kotak.

Yamaha Crosser 150Yamaha Crosser 150 Foto: Dok. Yamaha

Bicara harga, di Brasil Yamaha Crosser 150 dibanderol dengan harga setara Rp 39,4 juta (dalam kurs rupiah). Tak hanya untuk pasar Brasil, model seperti ini kabarnya juga akan dipasarkan di sejumlah negara.

Lalu apakah motor ini akan menjadi lawan yang tangguh bagi Honda CB150X? Jika bicara segmen, baik Yamaha Crosser 150 maupun Honda CB150X jelas bakal bermain di segmen yang sama. Namun jika dilihat secara desain, Honda CB150X lebih ke motor sport adventure untuk perkotaan dengan jalanan aspal yang mulus. Sementara Yamaha Crosser, tampilannya lebih mirip seperti motor trail yang tujuan penggunaannya lebih kepada medan off road atau jalanan non aspal.

(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT