Balap Liar Mau Dilegalkan, Bengkel Jalanan Bakal Ramai?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 21 Des 2021 07:41 WIB
Balap lair tutup jalan di Gunung Sahari (Tangkapan layar Instagram)
Foto: Balap lair tutup jalan di Gunung Sahari (Tangkapan layar Instagram)
Jakarta -

Jajaran Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia berencana memfasilitasi ajang balap liar dengan menyediakan lintasan balap di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Jika kebijakan ini diterapkan, sudah pasti akan menambah opsi bagi pebalap jalanan untuk menyalurkan hobinya secara lebih aman dan legal. Tapi di sisi lain, apakah kebijakan ini juga bakal memberi dampak ekonomi bagi bengkel-bengkel yang menyediakan jasa setting motor balap?

Muhammad Ikim, pemilik bengkel RI Matic Shop & Service, mengatakan setuju-setuju saja dengan wacana kebijakan itu. Terlebih jika sudah dilegalkan, pastinya sisi safety para pebalap jalanan ini bakal lebih diperhatikan.

"Yang penting sportif, selalu menggunakan safety gear, serta ikut main aja, meski kalau urusan taruhan/pinggiran sudah pasti ada (di balap liar)," buka Ikim melalui pesan singkat kepada detikOto, Senin (20/12/2021).

Soal lokasi, rencana pelaksanaan street race alias balap jalanan ini di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Opsi lainnya ada di kawasan PIK 2, BSD City, serta Kemayoran. Perlombaan itu direncanakan bakal digelar Januari 2022, dengan rencana balap digelar setiap 3 bulan sekali.

"Kalaupun digelar setiap 1-2 bulan sekali itu juga ok, yang penting track-nya juga jelas, bisa sediakan yang 201 meter atau 402 meter. Kalau ada track yang panjangnya sampai 1 km itu lebih bagus," saran Ikim.

Lalu jika balap jalanan yang terfasilitasi ini sudah direalisasikan dan terbukti ramai, apakah akan ada dampaknya terhadap bengkel-bengkel motor yang fokus pada performa kendaraan?

"InsyaAllah ada pengaruhnya. Apalagi yang memang hobi balap liar, pasti mereka makin sering ke bengkel buat otak-atik. Tapi nanti juga ada masalah di setting-an. Biasanya mereka (pebalap jalanan) nyeting dulu kan sebelum bertanding, nah tempat setting-nya di mana (ini juga harus dipikirkan)," tukas Ikim.

Simak Video 'Sah! Ancol Jadi Sirkuit Balap Motor Jalanan':

[Gambas:Video 20detik]



(lua/lth)