TVS Motor dan BMW Motorrad Lanjutkan Kolaborasi, Bakal Bikin Motor Listrik

team DetikOto - detikOto
Kamis, 16 Des 2021 15:10 WIB
TVS Apache RR 310 Model 2020
Ilustrasi TVS APACHE (Dok. TVS)
Jakarta -

Tepat pada Rabu 15 Desember 2021 kemarin TVS Motor Company dan BMW Motorrad mengumumkan bahwa kedua pabrikan motor beda benua ini memperpanjang kerjasama bisnis mereka. Bahkan keduanya sepakat untuk memperluas kemitraan jangka panjang mereka dengan bersama-sama mengembangkan platform terbaru, teknologi terbaru, termasuk melahirkan motor listrik bersama-sama.

"Dalam sembilan tahun kemitraan strategis jangka panjang kami, kami selalu menghargai nilai-nilai inti yang kami lakukan bersama dengan BMW Motorrad: fokus pada kualitas, keterampilan teknik, inovasi dan kepuasan pelanggan. Faktor-faktor ini dan komitmen kami untuk menghadirkan produk berkualitas unggul dengan proposisi nilai yang kuat, telah menjadi kunci keberhasilan dari ketiga produk yang telah diluncurkan dari platform ini," ujar Joint Managing Director, TVS Motor Company, Sudarshan Venu, dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

"Pada era baru, khususnya kendaraan masa depan mencakup beragam solusi yang mengarah pada solusi alternatif, termasuk pada kendaraan listrik. Memperluas kemitraan yang sukses ini ke bidang kendaraan listrik atau EV (electric vehicle) dan platform baru lainnya, tentu akan menciptakan peluang untuk menghadirkan teknologi canggih dan produk aspiratif di pasar global, serta membawa sinergi yang berharga bagi kedua perusahaan," ujar Sudarshan Venu.

Berdasarkan keputusan tersebut, peran TVS Motor Company nantinya akan menangani desain dan pengembangan produk BMW Motorrad untuk masa depan dengan memberikan jaminan kualitas kelas dunia, mengatur sistem pasokan komponen pendukung (supply chain management) dan industrinya.

"Mengingat hubungan kami yang bermanfaat dengan TVS Motor Company, kami senang untuk memperpanjang dan memperluas perjanjian kerja sama kami, dan mengagendakan kemitraan jangka panjang, serta pengembangan bersama platform dan teknologi baru, termasuk Kendaraan Listrik," ucap Head of BMW Motorrad, Dr. Markus Schramm.

BMW Motorrad resmi memperkenalkan hasil perkawinannya dengan TVS. Motor yang disapa BMW G 310 R ini tampil cukup menggoda di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.BMW Motorrad resmi memperkenalkan hasil perkawinannya dengan TVS. Motor yang disapa BMW G 310 R ini tampil cukup menggoda di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 lalu. Foto: M Luthfi Andika

Di bawah kerjasama yang ditingkatkan ini, kedua perusahaan telah mengidentifikasi berbagai produk dan teknologi untuk memberikan manfaat bisnis yang signifikan dan saling menguntungkan.

BMW Motorrad dan TVS Motor Company akan mengembangkan platform bersama dengan saling memanfaatkan teknologi yang muncul di dunia kendaraan masa depan, dengan mempertimbangkan kebutuhan global, khususnya bagi konsumen di berbagai segmen pasar.

Produk eksklusif untuk kedua perusahaan akan dikembangkan dengan platform bersama, dan kedua perusahaan akan menjual produk mereka secara global.

Selanjutnya juga dikatakan, TVS Motor Company akan terus menghadirkan kepiawaian di bidang teknik dalam desain, manufaktur dan kemampuan menyuplai komponen pendukung, serta memberikan kualitas terbaik di kelasnya dan keunggulan ekonomis. Produk pertama hasil kerjasama ini, akan dihadirkan dalam waktu 24 bulan ke depan.

"Sinergi kuat kami, telah menghasilkan pengembangan yang mengesankan di segmen kendaraan di bawah kelas 500 cc. Sejak diluncurkan, motor bersilinder tunggal: BMW G 310 R dan BMW G 310 GS, popularitasnya terus meningkat dan tak tertandingi. Hal ini pun dibuktikan lewat pelanggan global yang sudah melebihi 100.000 orang. Tentu kami sangat menantikan kerja sama ini," tambah Dr. Markus Schramm.

Sebagai catatan terakhir, pada April 2013, TVS Motor Company dan BMW Motorrad menandatangani kemitraan strategis jangka panjang untuk memproduksi sepeda motor di bawah 500 cc untuk dunia. Kolaborasi ini telah menghasilkan tiga produk andalan, yakni pada platform 310 cc: BMW G 310 R, BMW 310 GS dan TVS Apache RR 310.



Simak Video "Terungkap! Alasan BMW Tak Mau Main di MotoGP Gantikan Suzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)