ADVERTISEMENT

Tidak Disarankan! CB150R Dimodifikasi Jadi CB150X

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 15 Des 2021 07:22 WIB
Honda CB150X dan Honda CB150R Streetfire
Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM). Honda CB150X dan Honda CB150R Streetfire.
Jakarta -

PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menyarankan pemilik Honda CB150R Streetfire memodifikasi motornya menjadi bergaya petualang seperti Honda New CB150X. AHM menjelaskan beberapa konsekuensinya jika hal itu dilakukan oleh konsumen.

Honda CB150X resmi meluncur di Indonesia dan menjadi pionir di segmen sport adventure 150 cc. Secara platform, motor ini identik dengan saudaranya CB150R Streetfire. Rangka yang dipakai sama, mesin yang dipakai sama, bahkan lampu depan, bodi tengah hingga ke belakang pun serupa.

Kalau sudah begitu, baik CB150R maupun CB150X seharusnya memiliki common parts (komponen bersama) yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik CB150R untuk memodifikasi motornya menjadi CB150X. Meski memang ada beberapa parts yang sama, AHM tidak merekomendasikan modifikasi tersebut.

Honda New CB150XHonda New CB150X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Ada beberapa parts yang dapat digunakan dan tersedia di jaringan dealer kami, namun kami tidak merekomendasikan pengguna untuk memodifikasi unit (CB150R Streetfire) tersebut menjadi seperti CB150X," ujar General Manager of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin melalui pesan singkat kepada detikOto.

Ada beberapa alasan mengapa pabrikan tidak merekomendasikan prosedur modifikasi tersebut. Pertama berpotensi menggugurkan garansi, lalu yang kedua akan berpengaruh pada sisi pengendalian dan kenyamanan.

"Karena selain dapat menggugurkan garansi yang diberikan pabrikan, tentunya akan memberikan output dan pengalaman berkendara yang berbeda walaupun secara tampilan luar akan serupa," sambung Muhib.

Sebagai informasi, Honda New CB150X dipasarkan dalam dua tipe. Versi standar harganya Rp 32.950.000, sementara versi special edition harganya Rp 33.450.000. Harga dua model tersebut berstatus OTR (On The Road) DKI Jakarta.

Adapun untuk pilihan warnanya, versi standar hadir dengan warna Mandala Red serta Amazon Matte Green. Sedangkan untuk varian special edition, pilihan warnanya adalah Volcano Matte Black.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT