Bukti Ketangguhan Yamaha Nmax Diajak Touring Jarak Jauh

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 11 Des 2021 12:14 WIB
Yamaha Nmax 155 Standard Connected
All New Yamaha Nmax 155 Connected Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

All New Yamaha Nmax Connected sudah diperkenalkan sejak tahun 2019. Selama hampir dua tahun, big skutik terlaris Yamaha ini pun sudah diuji langsung oleh konsumennya dengan menempuh jarak ribuan kilometer.

Cerita pertama datang dari Lilik Gunawan bersama putranya, Balda. Keduanya berada di atas All New Nmax 155 Connected/ABS dengan menuntaskan perjalanan sejauh 5.021 kilometer. Lilik dan Balda melewati 12 provinsi, 7 pulau dengan perjalanan yang memakan waktu kurang lebih selama 50 hari.

Lilik mengatakan Yamaha Nmax Connected tidak rewel. Perjalanan dari Jambi ke Timor Leste, motor senantiasa prima, dia hanya mengganti oli mesin, servis ringan, dan kampas rem. Padahal Lilik menyambangi jalur Timur yang didominasi tikungan dan perbukitan, belum lagi selama perjalanan Lilik harus membawa 3 travel box dengan kondisi full load yang terpasang di sisi kiri, kanan dan belakang motor.

All New Yamaha Nmax diajak touring ke Timor LesteAll New Yamaha Nmax diajak touring ke Timor Leste Foto: Dok. YIMM

"Selama perjalnaan ribuan kilometer tidak ada penggantian part yang signifikan, hanya ganti oli dan kampas rem, itu pun ketika memasuki wilayah Timur Indonesia di Atambua," kata Lilik kala itu.

Mengaspal dari Bandung menuju nol kilometer IndonesiaHarrier Mansoer, mengaspal dari Bandung menuju nol kilometer Indonesia pakai Yamaha Nmax Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Pengujian langsung Yamaha Nmax terbaru itu juga dilakukan oleh Harrier Mansoer. Pria asal Bandung salah salah satu penggawa komunitas Bandung Max Owner.

Mansoer melakukan perjalanan dari Bandung menuju wilayah paling Barat di Indonesia. Total perjalanan yang ia tempuh sejauh 3.000 kilometer dengan rute Bandung - Medan - Sabang.

Satu hal yang menarik perhatiannya ialah teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dari Yamaha Nmax. Fitur ini membuat tenaga motor terus terisi pada setiap rentang putaran.

"Saya akui performa NMAX baru ini dahsyat, sangat responsif, enak untuk dipakai over taking truk-truk di jalur lintas Sumatera. Saat dari Medan ke Aceh itu juga melewati dataran tinggi dan untuk nanjak powernya ngisi terus berkat teknologi VVA. Keluar masuk tikungan juga momentum tenaga mesin selalu terjaga, jadi
riding bisa lincah," ungkapnya.

Lilik Gunawan dan Balda ke Timor Leste naik Yamaha NmaxLilik Gunawan dan Balda ke Timor Leste naik Yamaha Nmax Foto: Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Well, seperti yang diketahui generasi terbaru NMAX kini telah mengadopsi piston milik R15, sehingga perbandingan kompresi yang dihasilkan bisa naik menjadi 11,6:1 dari sebelumnya 10.5:1.

Tidak hanya itu, klep masuk pada mesin juga diperlebar menjadi 20,5 mm dari 19,5 mm dengan kapasitas box filter udara yang juga turut diperbesar dari generasi sebelumnya.

Yamaha Nmax menggendong mesin 4 tak, SOHC, berpendingin cairan 155 cc satu silinder dengan diameter x langkah 58 mm x 58,7 mm. Perbandingan kompresinya 11,6:1.

Tenaganya sedikit mengalami peningkatan, dari 11,1 kW di 8.000 rpm dan 14,4 Nm di 6.000 rpm pada model sebelumnya, menjadi 11,3 kW pada 8.000 rpm dan 13,9 Nm pada 6.500 rpm di model sekarang.

Detikoto pernah menjajal langsung All New Yamaha Nmax Connected/ABS. Soal performa, tenaga Nmax bisa diandalkan untuk aktivitas riding sehari-hari maupun jarak jauh. Karakter tenaganya cenderung linier dan terus mengisi dari setiap rentang rpm, baik rpm bawah, tengah hingga atas. Karakter seperti itu didapat berkat penggunaan teknologi katup variabel VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa menjaga tenaga mesin tetap optimal di setiap rentang rpm.



Simak Video "Makin Segar! Intip Warna Baru Yamaha Nmax 155"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)