Intip Kepraktisan yang Ditawarkan Yamaha Nmax Terbaru

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 10 Des 2021 07:38 WIB
Yamaha Nmax 155 Standard Connected
Yamaha Nmax terbaru Foto: Rizki Pratama
Jakarta -

Kepraktisan jadi salah satu alasan motor skutik sekarang merajai jalanan. Pabrikan terus berlomba untuk melahirkan produk yang cocok buat masyarakat Indonesia. Tak terkecuali, buat Yamaha Nmax 155 Connected. Nah, kepraktisan dan akomodasi apa saja yang ditawarkan Yamaha Nmax? berikut ulasannya.

Skutik bongsor jadi label yang melekat pada Yamaha Nmax. Motor ini juga mengalami perubahan dari generasi pertama yang diluncurkan pada Februari 2015 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Empat tahun berselang, revisi penuh kemudian terjadi di badan Yamaha Nmax pada Desember 2019. Tidak hanya dari segi tampang yang berubah, fitur, dan mesin juga mengalami perbedaan.

Akomodasi Yamaha Nmax terbaru tawarkan kenyamanan

Bicara kepraktisan, tentu saja harus melekat pada skutik jaman sekarang. Untuk urusan akomodasi, Yamaha Nmax yang dikenal sebagai skutik gambot, kapasitas bagasi di bawah jok dibekali ruang sebesar 24 liter.

DetikOto pernah mencoba helm full face --tipe tertentu bisa muat dengan catatan posisinya harus terbalik, yakni posisi kaca menghadap depan, lalu pelindung dagu dan leher ke atas supaya jok bisa ditutup. Selain helm full face, sisa ruang juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sarung tangan, jaket, ataupun mantel.

Akomodasi lain yang ditawarkan Nmax, yakni dua bagasi tambahan di area dasbor. Kompartemen di kiri memiliki lubang soket charger 12 volt, yang artinya perlu adaptor tambahan dengan lubang USB untuk bisa mengisi daya smartphone. Penyimpanan ini juga bisa untuk menaruh barang seperti botol berukuran 800 mili. Dan di sebelah kanan adalah kompartemen yang memiliki tutup.

Kepraktisan dari Yamaha Nmax, dari tutup bensin hingga tuas tersembunyi

Beberapa detail kecil juga diperhatikan Yamaha buat konsumen Indonesia. Bahkan untuk urusan kecil saat mengisi bensin.

Pada Yamaha Nmax terbaru, terdapat pengait tutup bensin. Letaknya berada di cover tangki bagian dalam. So, kalau mau isi bensin nggak perlu bingung harus meletakan di mana lagi ya.

Ototest PCX 160 ABS vs Nmax 155 Connected ABSOtotest PCX 160 ABS vs Nmax 155 Connected ABS Foto: 20Detik

All New Yamaha Nmax juga memiliki fitur tersembunyi yang memudahkan pengendara saat dipakai berkendara, yakni tuas yang terletak di handle grip kiri.

Ini juga terobosan yang dilakukan pada All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS. Kendali kontrol informasi pada panel multi informasi display bisa dilakukan lewat handle sebelah kiri.

Ototest PCX 160 ABS vs Nmax 155 Connected ABSNmax 155 Connected ABS Foto: 20Detik

Jika kita memencet tuas tersebut ada beberapa informasi yang berganti, di antaranya oli, v-belt, odometer, trip, dan aki. Jadi melalui fitur ini posisi tangan tetap berada di handle tanpa harus menyentuh layar saat hendak mengganti. Memudahkan bukan?

Pemilik motor bisa pantau motor lewat smartphone

Canggih nan futuristik bisa mewakili teknologi anyar pada All New Yamaha Nmax. Hal ini berkat penyematan Yamaha Connect atau Y-Connect, fitur konektivitas yang menghubungkan motor dengan penggunanya.

Fitur ini jadi unggulan Yamaha Nmax, sebab konektivitas belum ditawarkan model kompetitor sekelasnya. Beberapa fungsi Y-Connect di antaranya mengakomodir seperti notifikasi pesan dan panggilan masuk, memantau kondisi aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek konsumsi bahan bakar, serta mengetahui posisi ranking dalam hal jarak tempuh dan eco riding.

Jadi tanpa harus ke bengkel, pemilik bisa secara aktual mengetahui kondisi motornya. Apalagi aksesnya juga mudah karena hanya lewat smartphone.

Spesialnya, Indonesia jadi negara pertama yang diberi kepercayaan prinsipal untuk mengenalkan dan menggunakan Y-Connect. Tentang fitur Y-Connect ini, Yamaha mulai unjuk kebolehan. Biasanya, teknologi serupa tersedia di motor-motor besar atau moge berkapasitas mesin di atas 500cc.

Aplikasi Y-Connect memudahkan pengguna Nmax Connected/ABSAplikasi Y-Connect memudahkan pengguna Nmax Connected/ABS Foto: Yamaha

Bisa atur suspensi belakang sendiri tanpa harus ke bengkel

Satu hal pembeda yang dari All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS ialah penggunaan sub-tank pada suspensi belakang. Selain mendongkrak penampilan, ternyata suspensi tersebut juga bisa diatur tingkat kenyamanannya.

Ya, suspensi belakang All New Yamaha Nmax 155 Connected ABS dilengkapi dengan dua tingkat penyetelan pre-load yang bisa dipilih sesuai dengan referensi beban yang akan dibawa.

Yamaha Nmax 155 Standard ConnectedYamaha Nmax 155 Standard Connected Foto: Rizki Pratama

Biasanya saat sedang berkendara sendirian, posisi setelan pre-load berada di angka satu. Pada posisi ini karakter suspensi lebih lembut dan memang nyaman untuk single riding. Sementara ketika berboncengan, setelan pre-load bisa dirubah ke angka dua dimana posisi per menjadi lebih tertekan dan sedikit keras untuk mencegah terjadinya mentok atau bottoming saat sedang tandem riding melewati jalan bergelombang atau rusak.

Cara mengganti setelan suspensi juga mudah. Pemilik hanya menancapkan obeng plus pada lubang kecil di bagian tas suspensi.

Nah, itu tadi beberapa fitur kepraktisan yang coba ditawarkan Yamaha Nmax untuk menggoda konsumen di Tanah Air, bagaimana tertarik untuk memboyongnya detikers?



Simak Video "Keren! Yamaha Luncurkan Nmax Edisi Spiderman"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)