GIIAS 2021

Ampun Bang Jago! Motor Listrik Drag Ini Digeber 201 Meter Cuma 7,5 Detik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 20:34 WIB
Motor Drag Race Bertenaga Listrik
Motor listrik drag race. Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto.
Tangerang -

Motor lisrrik ternyata juga bisa dijadikan sebagai motor drag race atau balap lintasan lurus. Salah satu bengkel motor listrik Petrikbike memamerkan motor drag dengan tenaga listrik. Tak tanggung-tanggung, motor listrik untuk balap drag ini bisa melaju sangat kencang.

Yongki Saputra, mekanik Petrikbike mengatakan motor ini memiliki konsep drag bike. Kata dia, pihaknya mengusung rangka ala motor Kawasaki Ninja RR.

"Karena kalau kita ambil frame dari Ninja itu posisinya lebih nyaman dan safety buat taruh baterai. Tapi kalau kita ambil dari bebek, itu lebih sulit," kata Yongki kepada detikcom di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD City, Tangerang.

Motor ini juga diikuti balap motor drag. Yongki menyebut, motor listrik drag race ini meraih rekor waktu 7,5 detik untuk drag race jarak 201 meter.

Motor Drag Race Bertenaga ListrikMotor Drag Race Bertenaga Listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

"Karena kita di bidang listrik jadi kita ingin membuat (motor) drag listrik. Kita juga meminta izin bisa apa nggak (ikut drag race), akhirnya diperbolehkan untuk masuk di drag race. Kita ikut di FFA (free for all/kelas bebas). Sudah tiga kali turun. Hasilnya, time-nya 7,5 detik di 201 meter," ucap Yongki.

Dia bilang, lawan-lawannya masih menggunakan mesin bensin. Sementara motor listrik ini bisa menempuh waktu 7,5 detik saat diadu cepat di lintasan lurus 201 meter.

"Kita bikin (frame) dari aluminium, bikin modelnya seperti Ninja. Bukan pakai kerangka ninja. Jadi tangkinya aja Ninja, cuma ini kapnya aja untuk nutupin baterai dan kontroler. Sama fairingnya Ninja," jelas Yongki.

Motor Drag Race Bertenaga ListrikMotor Drag Race Bertenaga Listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

"Kita harus nyetting dari awal juga harus benar-benar pas biar torsi di bawahnya bisa ringan. Karna ini bisa disetting torsi bawahnya besar atau kecil."

Menurut Yongki, biaya yang dihabiskan untuk membuat motor drag bertenaga listrik ini hampir Rp 100 juta. Sebab, ini menggunakan rangka full aluminium.

"Kalau buat kerangka besi paling kurang lebih Rp 70-an juta. Tapi lebih berat dan kecepatan tidak seperti ini," katanya.

Motor listrik drag FFA besutan Petrikbike ini dibekali motor 3kW (rated), 25 kW (peak) dengan baterai 84V 50 Ah. Sistem motor listrik didukung oleh kontroler 72-96V 450A (rated), 800A (peak).

Petrikbike membuktikan bahwa tak selamanya motor listrik pelan, ternyata motor listrik juga bisa kencang. Buktinya, kecepatan maksimal motor ini mencapai 175 km/jam.



Simak Video "Ada Motor Listrik Drag Digeber 201 Meter Cuma 7,5 Detik Mejeng Di GIIAS"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)