GIIAS 2021

Bikin Heran, Ada RX-King Tak Berisik dan Tak Berasap

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Nov 2021 16:21 WIB
Jakarta -

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 hadir sebuah motor legendaris yang menolak punah di tengah ketatnya peraturan soal emisi. Adalah Yamaha RX-King yang disulap jadi motor listrik.

Dilihat lebih detail, RX-King ini tidak knalpot. Soalnya, mesin dua tak motor legendaris dari Yamaha ini sudah ditanggalkan dan diganti oleh baterai, kontroler dan motor listrik.

Motor RX-King bertenaga listrik yang dipajang di GIIAS ini merupakan motor milik Setrum.com. Farman Fab dari Setrum.com menyebutkan, motor ini awalnya dimiliki oleh pria asal Belanda bernama Michael. Awalnya dia menyukai bentuk RX-king tapi tidak suka dengan suara bisingnya.

"Dia suka desainnya. Menurut dia desainnya RX-King itu everlasting, tidak lekang oleh waktu," kata Farman saat berbincang dengan detikcom di arena GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang.

Yamaha RX-King terkenal dengan mesin dua tak yang menghasilkan suara yang khas serta mengeluarkan asap knalpot. Namun, RX-King yang satu ini menolak takdir karena lebih senyap dan tak berasap.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Karena tak punya knalpot, apalagi asap ngebul dan suara bising, Yamaha RX-King bertenaga listrik ini kerap mencuri perhatian banyak orang. Wajar, banyak orang heran, kok motor dua tak Yamaha RX-King tidak bersuara dan tidak ngebul?

"Gue belum pernah keluar tidak ditegur orang. Pasti ada yang negur. Gue antar loading ke sini aja, dipepet sama mobil. Dia buka kaca terus (kasih jempol)," ucap Farman.

"Terus kalau berhenti di lampu merah, pasti ditanyaain," sambungnya.

Yamaha RX-King disulap jadi motor listrikYamaha RX-King disulap jadi motor listrik Foto: Rangga Rahadiansyah/detikOto

Kata Farman, Yamaha RX-King sudah dikenal luas oleh masyarakat di Indonesia. Tapi, kalau motor RX-King bertenaga listrik tentunya jarang ada yang tahu.

"Orang-orang kan tahu RX-King. Cuman dilihat mesinnya, kok aneh ya. Anak (komunitas) RX-King dua orang yang pakai motor (RX-King) udah ditrondolin segala macam, pas gue keluar dari minimarket dia berdua lihatin aja. Pas gue naik baru dia tanya, 'mas ini diapain ya?' Ya udah gue cerita," sebutnya.

"Paling konyol gue pernah parkir di Bintaro, pas gue parkir sebelahnya udah ada RX-King, gue datang aja mereka udah lihatin. Aneh nggak ada suaranya soalnya. Pas ditanya, gue jawab ini udah dimodif. Ini udah yang silent version. Yang konyol gue bilang di motor itu kan yang berisik knalpot, knalpotnya kita copot kan nggak ada suaranya hahahaha," cerita Farman seraya tertawa.

Berikut spesifikasi Yamaha RX-King yang disulap jadi motor listrik:

Basis: Yamaha RX-King 1992
Motor elektrik: QS Hub drive 3 kW
Baterai: 71,4 volt 30 Ah Lifepo4
Battey Management System: Dark Horse
Controller: Kelly KLS-S 7230
Top speed: 100 km/jam (buat jalan santai)
Jarak tempuh: 60 km
Builder: FZ Ebike.

(rgr/lth)