Anak Terabas Merapat! Yamaha Luncurkan WR250 Terbaru, Nih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 29 Sep 2021 15:59 WIB
Yamaha WR250F
Yamaha WR250F. Foto: Dok. Yamaha.
Jakarta -

Yamaha Eropa meluncurkan motor enduro WR250F terbaru. Motor untuk pencinta offroad ini dijejali beberapa teknologi canggih. Termasuk desain cylinder head baru yang terbilang unik.

Yamaha WR250F ini menggunakan desain mesin yang berbeda. Saluran intake menghadap ke depan dan saluran pembuangan menghadap belakang. Tata letak terbalik ini memberikan efisiensi saluran masuk yang lebih besar untuk performa mesin yang lebih kuat.

Mesin dengan cylinder head baru yang diambil dari YZ250F menjadi salah satu komponen utama untuk performa di rentang tengah hingga tinggi pada WR250F. Saluran masuk mesin yang menghadap depan juga memberikan laju aliran masuk yang lancar untuk efisiensi pembakaran dan peningkatan tenaga di seluruh rentang rpm. Pengaturan ECU baru dirancang untuk mengoptimalkan performa mesin.

Aset utama pada Yamaha WR250F terbaru ini adalah aplikasi Power Tuner yang memungkinkan penyetelan engine nirkabel menggunakan smartphone. Teknologi inovatif ini memudahkan pemiliknya untuk menyesuaikan karakter tenaga mesin agar sesuai dengan medan yang berbeda dan kondisi permukaan yang berubah. Sakelar yang dipasang di setang memungkinkan pengendara untuk memilih di antara 2 pemetaan mesin untuk penyesuaian tenaga.

Yamaha WR250FYamaha WR250F Foto: Dok. Yamaha

Selain mesinnya yang lebih bertenaga, motor enduro WR250F juga mendapatkan desain sasis baru yang menggunakan sasis aluminium bilateral beam ringan. Sasis itu dibuat dengan teknik die-casting CF canggih yang memungkinkan penggunaan material dengan berbagai ketebalan. Rangka ini menyeimbangkan kekakuan agar sesuai dengan performa mesin baru.

Para insinyur Yamaha menyesuaikan kelenturan rangka. Yamaha mengklaim sasis ini sangat kuat dan akan memberikan kenikmatan berkendara di berbagai permukaan lintasan.

Yamaha WR250FYamaha WR250F Foto: Dok. Yamaha

Motor ini dilengkapi dengan suspensi depan KYB dan suspensi belakang tipe link yang memberikan handling yang tepat dan stabil di medan paling menantang sekalipun.

Yamaha WR250F tersedia dengan warna Icon Blue dan grafis baru. Motor ini tersedia di Eropa pada Oktober 2021. Yamaha belum merilis harga resmi WR250F karena bisa berbeda tergantung wilayah.

Berikut spesifikasi Yamaha WR250F:

Mesin 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC
Penggunaan cylinder head terbalik dengan inlet menghadap depan
Yamaha Power Tuner untuk tuning mesin pakai smartphone
Electric start
Radiator cooling fan
Transmisi enduro 6 percepatan
Kopling yang ringan dengan quick-adjuster
Rangka: aluminium Deltabox yang ringkas dan ringan
Suspensi: depan KYB, belakang tipe link
Tangki bahan bakar: 7,9 liter.



Simak Video "Keren! Yamaha Rilis Aerox Baru dengan Livery Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)