Ini Motor Motocross yang Dipakai Rossi 'Terbang'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 03 Feb 2020 14:40 WIB
Valentino Rossi Terbang Pakai Motor Motocross
Valentino Rossi 'terbang' pakai motocross (Instagram @valeyellow46)
Jakarta -

Valentino Rossi sering melakukan latihan menggunakan motor motocross sambil menunggu jadwal balapan MotoGP. Kemarin, Rossi kembali main motocross sampai terbang-terbang.

Sebelum terbang ke Jakarta untuk meet and greet, Rossi terbang pakai motor motocross terlebih dahulu. Ia bermain di sirkuit offroad La Ginestra di Fermignano, Italia bersama VR46 Academy.

"Senang sekali bisa kembali ke Fermignano setelah sekian lama, trek legendaris di pedalaman Marche dan salah satu favorit kami," tulis Rossi di Instagramnya dengan menggunakan bahasa Italia.

Motor apa yang dipakai Rossi untuk terbang di lintasan offroad? Itu adalah Yamaha YZ250F.

Ini Motor Motocross yang Dipakai Rossi buat TerbangFoto: Instagram @valeyellow46

Motor ini didesain untuk kejuaraan motocross. Sebagai motor khusus sirkuit offroad tertutup, Yamaha YZ250F tidak dilengkapi lampu-lampu atau kaca spion.

Yamaha YZ250F menggendong mesin 4 tak DOHC berpendingin cairan dengan kapasitas 250 cc. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi lima percepatan.

Ini Motor Motocross yang Dipakai Rossi buat TerbangFoto: Instagram @valeyellow46

Yamaha YZ250F menggunakan tipe rangka aluminium bilateral beam. Motor ini memiliki suspensi depan teleskopik dengan travel 310 mm dan suspensi belakang swingarm (link suspension) dengan travel 315 mm.

Sejak Januari 2020, Vale dan murid-muridnya giat melakukan latihan motocross di ranch dan beberapa trek lainnya untuk menyambut musim 2020.

Rossi memang mengaku memiliki hobi main motocross. Di kampung halamannya, Rossi punya lintasan motocross untuk menyalurkan hobinya itu.

"Itu (bermain motocross) sangat menuntut mental dan fisik, olahraga yang sangat menuntut (kemampuan)," kata Rossi beberapa waktu lalu.

"Motocross latihan yang bagus untuk pebalap MotoGP. Tapi, pebalap road racer lebih baik jika latihan sebanyak mungkin di aspal pada awal karier. Motocross cuma latihan tambahan," kata Rossi.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)