Ada Maverick Vinales, Penjualan Aprilia di Indonesia Bisa Meroket?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 23 Sep 2021 20:33 WIB
ALCANIZ, SPAIN - SEPTEMBER 09: Maverick Vinales of Spain  and Aprilia Racing Team Gresini  looks on during the press conference pre-event during the MotoGP of Aragon - Previews at Motorland Aragon Circuit on September 09, 2021 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Maverick Vinales bisa bantu dongkrak penjualan Aprilia di Indonesia? Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Maverick Vinales adalah pebalap top yang kini bergabung dengan tim Aprilia Racing Team Gresini di MotoGP. Bicara kaitannya dengan industri sepeda motor, apakah kehadiran Vinales bisa mengangkat brand, sekaligus membantu mendongkrak penjualan Aprilia di Indonesia?

Setelah cukup merilis produk motor skutik dengan desain elegan dan berjiwa muda, PT Piaggio Indonesia akhirnya meluncurkan motor sport fairing yang sangat kental nuansa balap dan adventure. Dua motor tersebut adalah Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Sebagai sub-brand di bawah Piaggio, Aprilia juga turut berpartisipasi di balap MotoGP bersama Gresini. Salah satu prestasi terbaik Aprilia sejauh ini adalah mampu finis di posisi ketiga di MotoGP Inggris, di Sirkuit Silverstone, melalui pebalap andalannya, Aleix Espargaro.

Aprilia RS 660Aprilia RS 660 Foto: Dok. Piaggio Indonesia

Tak hanya bisa bersaing di papan atas dengan pabrikan kondang lainnya, Aprilia juga dianggap cerdik karena bisa merekrut Vinales dari Yamaha. Sebagai informasi, Vinales merupakan salah satu pebalap top MotoGP.

Bersama sang legenda hidup, Valentino Rossi, pebalap berjuluk Top Gun itu juga cukup sering datang ke Indonesia untuk mempromosikan produk-produk motor Yamaha.

Lalu apakah dengan kehadiran Maverick Vinales di paddock Aprilia bisa juga membantu mendongkrak penjualan merek motor sport Italia itu di Indonesia?

Dijelaskan PT Piaggio Indonesia dalam keterangan resminya, mereka menyadari bahwa positifnya pemberitaan Aprilia di ajang balap sekelas MotoGP, bisa memberikan dampak baik kepada bisnis Aprilia di Indonesia.

Aprilia Tuono 660Aprilia Tuono 660 Foto: Aprilia

"Kami menyadari bahwa di Indonesia, antusiasme terhadap kompetisi motor sport begitu besar. Aprilia, sebagai salah satu constructor penting di kompetisi MotoGP serta pemberitaan beberapa waktu belakangan ini juga menambah antusiasme terhadap produk Aprilia," tulis Piaggio Indonesia, dalam keterangan resmi kepada detikOto, Kamis (23/9/2021).

Selain itu, momen hebat Aprilia di MotoGP juga dibarengi dengan peluncuran dua produk motor sport terbaru Aprilia di Indonesia, yakni RS 660 dan Tuono 660.

"Untuk seri produk Aprilia 660 merupakan produk yang sudah dinantikan berkat review dan respons global yang baik dan direkomendasikan. Sehingga, produk ini telah menandai era baru di kelas motor sport dengan teknologi tinggi, dan memiliki image dan branding yang baik bahkan sebelum pemberitaan positif serta pencapaian yang diraih beberapa minggu lalu," tukasnya.

Sebagai informasi, Aprilia 660 series melengkapi jajaran motor sport Aprilia di Indonesia yang sebelumnya hanya ada model naked bike, Shiver. Soal harga, tipe Aprilia RS 660 dibanderol Rp 650.000.000 on the road Jadetabek, dengan pilihan warna Lava Red dan Acid Gold. Sementara Aprilia Tuono 660 harganya Rp 630.000.000 on the road Jadetabek, dengan pilihan warna Concept Black dan Iridium Grey.

(lua/din)