Handlebar, Bengkel Moge Murah yang Serba Bisa

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 28 Agu 2021 09:46 WIB
Ilustrasi pengerjaan moge di Handlebar
Ilustrasi pengerjaan moge di Handlebar Foto: Istimewa/Handlebar
Jakarta -

Biasanya, motor gede lekat dengan stereotipe 'mahal biaya perawatannya'. Namun ternyata, ada bengkel umum yang menawarkan biaya jasa servis moge yang lebih terjangkau dibanding bengkel resmi. Selain itu, bengkel ini juga sering menangani moge 'khusus'.

Handlebar sudah berdiri sejak 2018 dan langsung memilih tempat di MotoVillage, Jakarta Selatan. Penggawa dari bengkel serba bisa ini adalah Bobby Raines.

[Gambas:Instagram]

"Kita sudah ada sejak 2018, sejak adanya MotoVillage ini. Sekarang kita udah ada bengkel cat juga yang workshop-nya di daerah Jagakarsa sana," ujar Bobby kepada detikOto.

Bengkel umum ini menerima beragam jenis moge dan dari beragam merek, kecuali merek Harley Davidson.

"Kalau untuk Harley Davidson, kita biasanya langsung arahin ke tetangga. Karena di sebelah (bengkel Handlebar) kan ada bengkel Harley," papar Bobby.

Namun ada satu buah Harley Davidson yang sangat spesial dan cuma ada satu di Indonesia, yang dirawat rutin oleh Handlebar.

"Kalau itu sih, semua orang pasti langsung tahu. Tebak aja coba, Harley yang ada sespan-nya dan dipesan langsung dari Amerika Serikat buat orang yang sangat penting di Indonesia. Jadi bukan sespan custom," ujar Bobby ramah.

Selain itu, Handlebar nampak sering mengerjakan moge-moge punya kepolisian, polisi militer, hingga tentara.

Untuk biaya jasa servis moge di Handlebar terbilang cukup terjangkau. Bobby mengatakan, banderol untuk servis di tempatnya berkisar dari Rp 500 Ribu hingga Rp 1 Juta.

Biaya jasa ini, belum termasuk penggantian part atau oli yang digunakan. Namun, biaya segini jelas lebih murah dibanding biaya di dealer resmi yang biasanya per jam.

"Karena kita ini banyaknya teman-teman juga yang datang, jadi lebih kekeluargaan lah. Kita saling bantu merawat motor juga. Mau bawa oli yang beli sendiri bisa, mau bawa part sendiri bisa, lebih fleksibel kita," ujar Bobby.

Saat ini, tidak Handlebar sedang 'seru' di ranah jual-beli moge. Bukan hanya jualan moge bekas yang mereka pajang di sebelah bengkelnya, tapi juga memasukkan motor dari luar negeri.

"Untuk masukin motor sih kita kerjasama bareng Importir Umum, karena mereka punya izinnya. Kita sih ya masukin, karena ada demand juga," papar Bobby.



Simak Video "Pandemi Corona, Bengkel Motor di Parepare Tetap Ngebul"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)