Nggak Nyangka India Bisa Bikin Skuter Listrik Secanggih dan Semurah Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 18 Agu 2021 11:35 WIB
Skuter listrik Ola
Skuter listrik Ola (Foto: Ola Electrick)
Jakarta -

Perlahan tapi pasti, industri otomotif India mulai mengarah ke elektrifikasi. Sebagai bukti, baru-baru ini diluncurkan skuter listrik Ola Electric yang punya desain modern dan didukung berbagai fitur canggih, serta yang lebih penting, harganya murah banget.

Seperti dikutip dari laman Paultan, perusahaan start-up India, Ola Electric Mobility Private Limited, siap menjual skuter listrik Ola Electric S1 dan S1 Pro 2021. Skuter listrik itu dilengkapi teknologi canggih seperti teknologi yang ada di mobil.

Skuter listrik OlaSkuter listrik Ola Foto: Dok. Ola Electric

Sekadar informasi, skuter listrik Ola dibekali layar sentuh 7 inci yang ditenagai prosesor Quadcore 1,8 GHz dengan RAM 3 Gb. Panel layar ini juga mampu menjalankan fitur Bluetooth dan GPS internal, serta dilengkapi satu set mikrofon dan speaker internal yang memungkinkan adanya fitur perintah suara.

Panel digital tersebut juga sudah mengadopsi teknologi layar sentuh. Selain mampu terkoneksi ke smartphone pengendara melalui konektivitas bluetooth, layar itu juga bisa menampilkan status pengisian baterai, serta mengirim lokasi Ola S1 secara real time, mengirim pesan, dan melakukan panggilan.

Tak sampai di situ, Ola juga dilengkapi berbagai fitur canggih lainnya, seperti cruise control (untuk S1 Pro), hill hold control dan gigi mundur, serta fitur remote control yang memungkinkan menghidupkan motor lewat perangkat smartphone.

Skuter listrik OlaSkuter listrik Ola Foto: Dok. Ola Electric

Ada dua jenis e-skuter yang ditawarkan,Ola S1 dengan jangkauan 121 km dan kecepatan tertinggi 90 km/jam danOla S1 Pro yang mampu mencapai kecepatan tertinggi 115 km/jam dan menjangkau jarak tempuh 181 km. Soal akomodasi, ada 36 liter ruang penyimpanan di bawah jok. Skuter listrik Ola ditenagai motor listrik 8,5 kW yang bisa menghasilkan torsi puncak 58 Nm.

Tak hanya menjual produk motor listrik semata, Ola juga berambisi memasang lebih dari 100.000 titik pengisian di 400 kota di India yang mereka sebut sebagai Jaringan Hypercharger.

Soal harga, skuter listrik Ola dibanderol mulai 79.999 rupe atau setara Rp 15,4 juta. Konsumen India bisa memesan secara online dengan uang tanda jadi 499 rupe (Rp 96 ribu). Pesanan yang masuk akan diproses mulai September 2021 dan untuk distribusinya mulai Oktober 2021.

(lua/din)