Yamaha Luncurkan R7, Resmi Jadi Pengganti Yamaha R6

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 19 Mei 2021 09:23 WIB
Yamaha YZF-R7
Yamaha R7. Foto: Dok. Yamaha
Jakarta -

Yamaha akhirnya resmi meluncurkan motor sport baru Yamaha YZF-R7. Motor sport Yamaha R7 ini diluncurkan sebagai pengganti Yamaha YZF-R6 yang telah disuntik mati.

Melengkapi katalog supersports Yamaha, YZF-R7 menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha MT-07. Bedanya, Yamaha R7 dibalut dengan 'baju' motor sport yang tertutup fairing.

Yamaha YZF-R7 mengadopsi mesin 689 cc yang sama dengan MT-07. Mesin Crossplane 2 (CP2) dua silinder DOHC delapan katup dengan pendingin cairan yang sudah sesuai Euro 5 tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 73.4 PS pada 8.750 rpm dengan torsi maksimal 67 Nm pada 6.500 rpm.

Yamaha R7 hadir dengan pengaturan ECU baru dan pengaturan suplai bahan bakar yang dioptimalkan. Hal itu berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kontrol dan respons throttle.

Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan. Yamaha R7 telah dibekali fitur assist and slipper clutch. Yamaha menyebut tuas kopling R7 lebih enteng 33% dibanding kopling normal.

Yamaha YZF-R7Yamaha YZF-R7 Foto: Dok. Yamaha

Fitur quickshifter yang bisa mengganti gigi naik tanpa menekan tuas kopling juga tersedia dengan opsi biaya tambahan.

Yamaha YZF-R7 hadir dengan suspensi depan upside-down KYB berdiameter 41 mm yang dapat disetel. Penyetelan kompresi ada di garpu depan sebelah kiri dan rebound di sebelah kanan. Sementara di bagian belakang terdapat monoshock yang dipasang secara horizontal dan dapat disesuaikan preload dan rebound. Untuk pengereman, Yamaha R7 mendapatkan kaliper empat piston radial-mount serta master rem Brembo.

Yamaha R7 disebut memiliki bobot hanya 188 kg. Motor ini memiliki rangka tubular yang ramping, bahkan Yamaha menyebut lebih ramping daripada R25 dan R15. Hal ini memungkinkan Yamaha R7 memiliki profil depan yang ramping sehingga membantu aerodinamika.

Desain bodi Yamaha R7 mengikuti R-Series milik Yamaha lainnya. Ada semacam asupan udara bergaya motor MotoGP Yamaha YZR-M1 di depan. Ditambah lampu LED yang ditanam di dalamnya serta lampu LED riding light di kedua sisi cowl.

Yamaha YZF-R7Yamaha YZF-R7 Foto: Dok. Yamaha

Yamaha YZF-R7 bisa membawa bahan bakar sebanyak 13 liter. Motor ini punya velg 17 inchi 10 palang yang dibungkus dengan ban 120/70 di depan dan 180/55 di belakang.

Di dalam kokpit, panel instrumen digital LCD menampilkan semua informasi yang diperlukan.

Ada dua pilihan warna untuk R7 yakni Icon Blue dengan panel kontras biru matte tua serta warna Yamaha Black yang memadukan finishing hitam gloss dengan grafis minimal. Yamaha YZF-R7 diperkirakan bakal dijual di dealer Yamaha Eropa pada Oktober 2021. Saat ini, harga Yamaha R7 belum diumumkan.

Sebagai informasi, Yamaha R7 dibuat oleh Yamaha sebagai pengganti YZF-R6 yang sudah disuntik mati. Yamaha R6 tidak dilanjutkan lagi produksinya lantaran menurunnya penjualan motor sport berkapasitas 600 cc secara global. Konsumen lebih menyukai motor 600 cc ke atas dan motor adventure.

Penjualan Yamaha YZF-R6 sudah dihentikan di Amerika dan Eropa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Yamaha harus menyuntik mati R6. Selain karena lesunya penjualan di segmen ini, faktor emisi Euro5 yang akan diterapkan juga makin mempersulit posisi Yamaha R6.

Meski tidak lagi dijual untuk konsumen umum, Yamaha akan tetap menjual R6 sampai unitnya habis. Tapi unit R6 yang dijual khusus untuk trek balap, yang sudah dibekali sejumlah part racing.



Simak Video "Jangan Salah! Ini Cara Menderek Mobil Matic yang Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)