Honda CB150R ExMotion Belum Cocok buat Orang Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 07 Mei 2021 11:59 WIB
Honda CB150R ExMotion
Honda CB150R ExMotion Foto: Honda
Jakarta -

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New CB150R pada Rabu (5/5) lalu. Tapi di pasar Thailand, Honda juga punya amunisi berjenis retro modern alias neo retro berkapasitas 150 cc, yakni CB150R ExMotion.

Honda belum juga memasarkan sepeda motor yang menggunakan garis desain retro modern tersebut ke Indonesia. Kalau melihat pangsa pasar, Yamaha di Indonesia sudah lebih dulu memasarkanya lewat Yamaha XSR-155.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya mengatakan bahwa saat ini desain motor naked sport All New CB150R lebih diminati ketimbang retro modern seperti di CB150R ExMotion.

"Kalau kita lihat melihat studi terhadap pasar, terutama konsumen motor sport khususnya di naked bike memang CB150R Streetfire sudah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat konsumen di Indonesia.Khususnya yang mencintai sepeda motor naked bike, dari segi desain, fungsionalistas, utilitas," tanggap Thomas saat peluncuran beberapa waktu yang lalu.

"Konsumen naked bike lebih mengutamakan bagaimana bisa bangga pede, percaya diri, sehingga desain All New CB150R Streetfire yang kita berikan sensasi big bike, dan juga fitur seperti big bike ini bisa menambah percaya diri dan juga kebanggaan," tambahnya.

Sebenarnya mudah saja bagi AHM jika ingin memasarkan CB150R ExMotion di Indonesia. Sebab CB150R ExMotion basisnya dari CB150R Streetfire.

Bicara spesifikasi, Honda CB150R ExMotion mengusung mesin 150cc DOHC satu silinder berpendingin cairan. Daya tarik motor ini terdapat di desainnya yang memadukan konsep retro dan modern sekaligus.

Konsep retro didapatkan dari desain lampu bulat dan model jok yang pendek ciri khas motor Scrambler. Sementara nilai-nilai modernitas tersaji lewat pengaplikasian lampu-lampu full LED, suspensi Upside Down (USD), dan panel instrumen full digital.

Selain itu, CB150R ExMotion juga sudah mendapatkan sistem pengereman cakram dengan kaliper radial 4 piston yang menjepit piringan 296 mm. Ada juga opsi fitur ABS (Anti-lock Bracking System) yang bisa mencegah roda mengunci.

Konsumen di Indonesia harus bersabar lagi, ya, sebab Honda juga tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan CB150R dengan gaya retro modern di Tanah Air.

"Ke depan kami sangat terbuka perkembangan masyarakat dan konsumen kita atas sepeda motor sport di Indonesia, kita bisa melihat apa yang akan dikembangkan ke depannya memenuhi pasar," kata dia.



Simak Video "Lebih Dekat dengan All New Honda CB150R 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)