Ridwan Kamil Jajal Motor Listrik Gesits di Pabriknya Langsung, Mau Beli?

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 28 Apr 2021 04:18 WIB
Ridwan Kamil intip produksi motor listrik Gesits
Ridwan Kamil jajal motor listrik Gesits Foto: dok. Gesits
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil benar-benar kepo akan peran kendaraan listrik nih. Setelah menggunakan mobil dinas berbekal listrik, Ridwan Kamil mengunjungi pabrik sepeda motor listrik Gesits. Wuih Kang Emil mau gunakan motor listrik juga nih?

Dalam siaran resmi yang didapat detikOto, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Pabrik Gesits PT WIKA Industri Manufaktur di Kawasan Industri WIKA (KIW) Cileungsi, Bogor Jawa Barat pada Selasa (27/4/21).

Dalam kunjungan tersebut, Ridwan Kamil mengintip langsung proses produksi dan merasakan sepeda motor listrik GESITS secara langsung dengan melakukan test ride. Setelah melihat Ridwan Kamil menyampaikan dalam kurun waktu 10 tahun Provinsi Jawa Barat akan memberlakukan aturan yang mewajibkan populasi penggunaan kendaraan listrik mencapai 30 persen dari populasi kendaraan.

"Efisiensi biaya menjadi salah satu alasan memutuskan untuk mengalihkan kendaraan operasional kedinasan menggunakan kendaraan listrik. Dengan kendaraan listrik, Pemda Provinsi Jawa Barat bisa menghemat pengeluaran anggaran biaya BBM hingga satu per limanya," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil intip produksi motor listrik GesitsRidwan Kamil intip produksi motor listrik Gesits Foto: dok. Gesits

Sebagai catatan PT. WIKA Industri Manufaktur selaku manufaktur dan principal sepeda motor listrik GESITS adalah sepeda motor buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk.

Setelah melalui rangkaian proses riset, tahapan uji coba dan produksi yang konstruktif, dengan bangga kami mempersembahkan GESITS, karya anak bangsa Indonesia pertama yang menggunakan teknologi motor bertenaga listrik. Dan Motor Listrik GESITS telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini.

Mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin. Untuk pengisian baterai cukup simple, dimana dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengechas Hand Phone atau Laptop. Dan biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 Km.

GESITS dilengkapi motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW, dengan Tenaga sebesar ini GESITS mampu mengangkut 2 penumpang, dan dengan 3 mode berkendara, kecepatan maksimal GESITS dibatasi sampai dengan 70 Km/jam. Menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai dan dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya.

Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km. GESITS memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED Daytime Running Lights, HID Projector Head Lamps. Selain itu, GESITS juga dilengkapi dengan digital dashboard yang dapat terkoneksi dengan aplikasi ponsel pengendara.

Ridwan Kamil intip produksi motor listrik GesitsRidwan Kamil intip produksi motor listrik Gesits Foto: dok. Gesits


Simak Video "Motor Listrik Rp 17 Jutaan Buatan India, Ludes Terjual Dalam Dua Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)