Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki Akur Garap Proyek Motor Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 27 Mar 2021 16:47 WIB
Yamaha memperkenalkan motor listrik Yamaha EC-01 di Tokyo Motor Show, bulan Oktober ini.
Ilustrasi motor listrik (Dadan Kuswaraharja/detikOto)
Jakarta -

Empat pabrikan otomotif besar asal Jepang -- Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki -- menjalin kerja sama dalam menyukseskan proyek kendaraan listrik. Big four asal Jepang itu memulai pengujian baterai sepeda motor listrik yang dapat ditukar.

Maksudnya ditukar di sini adalah konsep swap battery, yakni ketika baterai motor kosong bisa dilepas dan ditukar dengan baterai baru yang sudah terisi penuh.

Program ini bekerja sama dengan Prefektur Osaka dan Universitas Osaka, setelah mempertimbangkan bahwa mahasiswa dan staf di Universitas mengendarai kendaraan roda dua listrik untuk penggunaan sehari-hari. Stasiun pengisian listrik dan baterai yang dapat ditukar juga tersedia untuk peserta. Uji coba ini berlangsung sejak September 2020.

Enam bulan berselang, Big Four mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui standar baterai yang dapat ditukar dan desain akhir dari baterai tersebut. Semua baterai yang diproduksi berdasarkan perjanjian ini akan memiliki ukuran dan berat yang sama, serta memiliki fitur ketahanan dan keselamatan yang sama. Baterai yang akan digunakan motor listrik Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki bisa saling ditukar satu sama lain.

Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki juga menjalin kerja sama menciptakan sistem infrastruktur penukaran baterai di seluruh Jepang. Hal ini menjadi semakin mendesak, sejak pemerintah Jepang mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan pelarangan kendaraan baru berbahan bakar bensin pada pertengahan 2030-an.

"Elektrifikasi sepeda motor adalah tren yang tak terhindarkan untuk industri ini. Empat perusahaan Jepang menguasai sekitar 50 persen pangsa pasar dunia. Saya yakin kolaborasi kita akan menguntungkan konsumen," kata Daiki Mihara, perwakilan dari Honda dalam wawancara dengan NHK TV.

Saat ini, keempat perusahaan itu sedang mengerjakan prototipe motor listrik yang akan menggunakan sistem baterai baru yang dapat ditukar ini. Namun, belum ada informasi resmi mengenai motor listrik dari keempat pabrikan tersebut.



Simak Video "Aerox-PCX Naik, Ini Harga Motor Matic 150-160cc Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)