Xiaomi Ikutan Bikin Mobil Listrik, Bakal Murah, Nih?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 27 Mar 2021 13:10 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 26:  A logo sits illumintated outside the Xiaomi booth on day 2 of the GSMA Mobile World Congress 2019 on February 26, 2019 in Barcelona, Spain. The annual Mobile World Congress hosts some of the worlds largest communications companies, with many unveiling their latest phones and wearables gadgets like foldable screens and the introduction of the 5G wireless networks. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xiaomi akan meramaikan persaingan pasar mobil listrik (David Ramos/Getty Images)
Jakarta -

Perusahaan teknologi Xiaomi, baru-baru ini mengungkapkan rencana untuk menciptakan sebuah mobil listrik. Dalam produksinya, Xiaomi bakal bekerja sama dengan salah satu produsen otomotif terbesar di China.

Pihak Xiaomi diisukan sedang melakukan pembicaraan dengan Great Wall Motor untuk membuat kendaraan listrik miliknya sendiri. Selain itu Xiaomi juga berencana akan menjual mobil listriknya secara masal.

Dikutip dari CNBC, pihak Great Wall Motor sebelumnya telah melakukan penawaran pada sejumlah perusahaan lain. Selain itu mereka juga mengadakan beberapa diskusi untuk mempercepat pelaksanaan proyek tersebut.

Salah satu sumber mengatakan, jika kedua perusahaan berencana mengumumkan hasil kerja sama tersebut paling tidak pada minggu depan. Namun baik pihak Xiaomi maupun Great Wall Motor menolak berkomentar mengenai hal ini.

Rencana itu muncul ketika Xiaomi ingin menghasilkan pendapatan yang lebih besar. Meskipun saat ini penjualan smartphone sangat laku keras di pasaran, namun margin keuntungan yang didapat sangat tipis.

Langkah ini juga diambil Xiaomi berkat sejumlah produsen mobil yang menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi ternama. Salah satu fitur canggih yang tengah dikembangkan adalah mobil otonom.

Misalnya Apple yang sempat berencana menjalin kemitraan dengan perusahaan otomotif Hyundai dan juga Nissan. Namun pada akhirnya kerja sama antara kedua perusahaan tersebut gagal terwujud.

Raksasa teknologi asal China lainnya, Huawei, juga dikabarkan akan membuat produk mobil listriknya sendiri. Tetapi spekulasi tersebut belum menemukan adanya titik terang.

Hingga saat ini Xiaomi terus melebarkan penjualannya dengan melakukan berbagai inovasi seperti menjual skuter listrik, pembersih udara hinga rice cooker sekali pun.

Sumber lain mengatakan jika mobil listrik milik Xiaomi ini akan diluncurkan pada 2023 mendatang. Nantinya mobil tersebut dapat terkoneksi dengan perangkat lain yang tergabung dalam ekosistem Xiaomi, sehingga akan mempermudah para penggunanya.



Simak Video "Rencana Mobil Listrik Xiaomi Terbongkar, Disebut Gandeng Perusahaan Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)