5 Fakta Motor RX King Karatan Dijual Rp 125 Juta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 08:12 WIB
Yamaha RX-King Dijual Rp 125 Juta
Foto: Dok. Arif King Priok
Jakarta -

Sebuah motor Yamaha RX King tua bertahun 1983 bikin heboh. Motor yang kondisinya sudah karatan itu laku seharga Rp 125 juta.

Kenapa bisa laku dengan harga sangat tinggi? Pemilik motor tersebut yang dikenal dengan nama Arif King Priok, menyebut motornya masuk kategori langka. Motor Yamaha RX-King tahun 1983 ini hadir dengan warna putih original pabrikan yang dinilai cukup langka.

Berikut fakta-fakta motor RX King berusia nyaris 30 tahun yang harganya mendekati harga mobil LCGC.

1. Barang Langka Incaran Kolektor

"Ini masih orisinil catnya. Rata-rata mereka cuma dokumennya aja, barangnya udah nggak orisinil, udah restorasian. Ini kan walaupun catnya udah karat-karat gitu, tapi masih orisinil, masih gagah, masih khas banget lah. Dan orang nggak ada yang punya," kata Arif dalam perbincangan dengan detikOto.

Disebut Arif, motor miliknya itu merupakan barang incaran kolektor. Karena orisinalitasnya itulah harganya bisa tembus di atas Rp 100 juta.

2. Tanki Karatan Bukti Orisinalitas

Salah satu hal menari dari Yamaha RX King seharga Rp 125 juta ini adalah bagian tankinya. Berwarna putih, pada beberapa sisi tanki terlihat sudah berkarat.

Kenapa tangki karatannya masih dipertahankan? Menurut Arif, di situlah nilai originalitasnya. Dia tidak ingin mengecat ulang tangkinya karena tidak mau kehilangan originalitas.

"Justru karatnya itu yang bikin orang, 'Wow.' Vespa juga ratusan juta kan begitu. Itu benar-benar nggak saya apa-apain, dapatnya gitu ya tangkinya nggak saya pernis," ucap Arif.

Yamaha RX-King Dijual Rp 125 JutaYamaha RX-King Dijual Rp 125 Juta Foto: Dok. Arif King Priok

3. Perawatan Ekstra

Sebagaimana pemilik motor memerlakukan kendaraan kesayangannya, Arif pun memberikan perawatan pada RX King tersebut. Untuk menjaga kondisi supaya tidak keropos, Arif melapisi karat dengan gemuk supaya tidak keropos.

"Jadi perawatannya kalau saya mau tutup dikasih gemuk dulu, baru ditutup lap, baru saya kerudungin. Itu biar nggak karantnya kering. Kalau karatnya kering lama-lama kemakan dia, kalau ada basah gemuk itu kan dia nggak kering. Biar nggak bolong," kata Arif.

4. Ngobrol 5 Menit Langsung Deal Harga

Meski harganya sangat tinggi, proses negosiasi pembelian motor tersebut ternyata berjalan sangat cepat. Ngobrol melalui aplikasi cahtting, si pembeli tak banyak menawar hingga akhirnya sepakat pada harga Rp 125 juta bahkan sebelum pembicaraan berlangsung lima menit.

"Saya chatting nggak sampai 5 menit langsung deal harga. Saya awalnya iseng pasang story, dia tanya2 dan deal harga. Awalnya dia tanya bisa kurang nggak, saya bilang harga jangan dikurangin, paling saya kasih gratis servis seumur hidup. Kalau mau ke sini mau nyetting, mau servis saya jamin seumur hidup, tapi di luar sparepart, kalau jasa saya kasih garansi seumur hidup," ucapnya.

"Kalau orang udah penghobi otomotif, udah layak banget itu. Orang saya yakin masih bisa di atas itu kok. Jadi kan ktia bisa lihat, RX-King mahal, mahalnya di mana. Jadi relatif lah. Mungkin kalau bukan penghobi otomotif ya mungkin dia bilang begitu. Tapi begitu dia benar-benar hobi di otomotif, masih layak banget lah," lanjut Arif.

Yamaha RX-King Dijual Rp 125 JutaYamaha RX-King Dijual Rp 125 Juta Foto: Dok. Arif King Priok

5. Tak Semua RX King Harganya Mahal

Arief mengungkapkan tak semua RX-King punya nilai mahal. Pembeli RX-King juga harus memahami mana motor yang memiliki nilai mahal, mana yang hanya penjualnya yang mematok harga mahal padahal motornya tidak semahal itu.

"Saya jual motor sesuai kondisi kok, ada yang Rp 20 (juta) ada yang Rp 30 (juta). Tapi ingat, sebelum membeli kita pelajari. Misalnya kita naksir RX-King tahun 97, kan RX-King banyak tipe. Beda tahun beda model. Kita pelajarin dulu. Ingat, yang mahal itu yang orisinil sesuai tahunnya yang alami. Ini pengalaman saya jual ya," ucap Arif.

Ada juga motor RX-King restorasi. Namun, tak semua juga motor RX-King restorasi punya nilai mahal. Pun begitu dengan RX King Modifikasi, di mana harus diperhatikan parts apa saja yang digunakan.



Simak Video "Anti Ngebul! Ini Wujud Yamaha RX-King yang Disulap Jadi Motor Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)