Ducati V4S Cuma Beda 2 Detik dari Motor MotoGP

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 15 Feb 2021 09:54 WIB
Ducati Panigale V4S
Ducati Panigale V4S. Foto: Ducati
Jakarta -

Seberapa cepat motor produksi massal diadu dengan motor MotoGP dalam sirkuit dan cuaca yang sama? CEO Ducati, Claudio Dominecali coba menjawab pertanyaan tersebut.

Ducati V4S adu cepat dengan Desmosedici GP21 di sirkuit Jerez, Spanyol. Dalam akun twitter Claudio Dominecali terdapat foto Pecco Bagnaia dan Johann Zarco tengah menggeber Ducati V4S, sedangkan Michele Pirro berada paling depan membawa GP21.

Hasilnya? motor yang digeber Michele Pirro lebih cepat melesat dari Pecco dan Johann Zarco.

Motor MotoGP Ducati 2021Motor MotoGP Ducati 2021 Foto: Dok. Ducati

"Dua Panigale V4S dalam perburuan di Jerez, lap terbaik Panigale adalah 1'43,3 dan 1'41,1 untuk MotoGP. Keduanya menggunakan ban slick Michelin. Hanya dua detik lebih sedikit yang memisahkan dari motor tercepat di dunia dari motor yang bisa Anda beli di dealer Ducati," cuit Claudio Dominecali.



Di Indonesia motor ini bisa ditebus dengan harga di atas Rp 1 miliar. Sekadar informasi, Ducati Panigale V4S merupakan salah satu varian Panigale bermesin V4.

Motor ini memiliki mesin 1.103 cc, dengan konfigurasi V, dan punya tenaga maksimal mencapai 211 dk di 13.000 rpm dan torsi 124 Nm di 10.000 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, motor ini hanya punya bobot 195 kg.

Dari segi fitur, Panigale V4 S dilengkapi sokbreker depan Öhlins NIX-30, dan Öhlins TTX36 di belakang. Termasuk steering damper Öhlins, dengan kontrol semi-aktif elektronik.

Suspensi elektronik menawarkan pilihan mode manual, yang bisa diseting kompresi dan rebound-nya. Ketika mode Dinamis dipilih, secara otomatis menyesuaikan kompresi dan rebound redaman sebagai respons terhadap input pengendara dan permukaan jalan atau lintasan.

Ducati Panigale V4S juga dilengkapi fitur elektronik komplit seperti 6-axis Inertial Measurement Unit (6D IMU). Fitur ini terdiri dari ABS Cornering Bosch, Ducati Traction Control EVO (DTC EVO), Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control EVO (EWC EVO), Ducati Power Launch (DPL), Ducati Quick Shift Up/Down EVO (DQS EVO), dan Engine Brake Control EVO (EBC EVO).



Simak Video "Ducati Pamerkan Motor dan Pebalap Baru untuk MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)