Suzuki Hayabusa 2021 Meluncur, Ini Spesifikasinya

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 19:23 WIB
Suzuki Hayabusa 2021
Suzuki Hayabusa 2021. Foto: Suzuki
Jakarta -

Suzuki Hayabusa generasi ketiga akhirnya diluncurkan. Meski tidak mendapatkan perubahan radikal dari sisi mesin dan desain, Suzuki Hayabusa 2021 kini lebih ramah lingkungan dan bisa bertahan lebih lama di tengah ketatnya regulasi emisi di Eropa.

Bicara ubahan, dari sisi depan Hayabusa 2021 sangat mirip dengan model sebelumnya. Namun bagian belakang diubah total, dengan desain lampu ganda, cover jok belakang yang juga lebih besar, dan desain knalpot ganda baru.

Motor ini ditenagai mesin 4 silinder segaris 1.340cc. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 187 dk pada 9.700 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 7.000 rpm. Mesin itu disalurkan dengan gearbox 6 percepatan.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

Mesin tersebut tentunya sudah lolos peraturan emisi Euro 5, dengan sistem intake dan exhaust yang direvisi dan dilengkapi dengan teknologi ride-by-wire.

Melengkapi mesin yang lebih rendah emisi, Suzuki Hayabusa 2021 kini dilengkapi sistem elektronik canggih, termasuk Suzuki Intelligent Ride System alias SIRS yang menampilkan SDMS (Suzuki Drive Mode Selector). Alat bantu pengendara elektronik lainnya terdiri dari pemilih mode tenaga, kontrol traksi, kontrol rem engine, quickshifter, launch control, kontrol jelajah, dan sistem kontrol anti-wheelie.

Suzuki Hayabusa 2021Suzuki Hayabusa 2021 Foto: Suzuki

Motor ini juga dibekali IMU 6-axis baru yang hadir dengan cornering ABS. Suzuki juga menggunakan Active Speed Limiter yang akan mencegah sepeda motor melewati batas kecepatan yang ditetapkan secara manual. Cluster instrumen sepeda motor juga telah diperbarui dengan tampilan TFT baru di tengah.

Eropa akan menjadi pasar pertama yang menerima Hayabusa 2021 dengan 3 pilihan warna, pada akhir bulan ini. Sportbike baru tersebut diharapkan akan diluncurkan juga di Amerika Utara dan Jepang.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)